Cerita Ganjar Pranowo di Solo, Rasakan Gempa Malang Dikira di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Gempa bermagnitudo 6,1 yang berpusat di Barat Daya Malang, Jawa Timur, dirasakan di beberapa daerah. Salah satunya di Kota Solo Jawa Tengah, Sabtu kemarin.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang berada di Solo, juga merasakan getaran gempa tersebut. Ia menceritakan, saat gempa mengguncang bagian Selatan Jawa Timur tersebut, ia mengira sempat berpikir ada gempa di wilayah Jawa Tengah.

"Sejak sore kami juga ikut merasakan getaran di Solo. Semoga masyarakat di Malang semua tabah, kuat semuanya. Tentu ikut berduka ya," kata Ganjar usai menghadiri acara di Hotel Lor In, dikutip Minggu 11 April 2021.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Baca juga: Siswa SMA 'Dugem' di Aula Kantor Bupati Jambi, Langsug Digrebek Polisi

Ia menambahkan, pihaknya siap untuk mengirimkan bantuan apabila dibutuhkan. Saat ini ia masih mengkomunikasikan dengan Pemerintah setempat terkait seberapa berat kondisi akibat gempa.

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"

"Nanti kita komunikasikan dulu, seberapa kondisinya. Kita juga masih komunikasi dengan NTT terkait banjir bandang. Insya Allah jika diperlukan, kita bantu," katanya.

Kejadian gempa, lanjutnya, bisa saja terjadi di daerah lain, termasuk di Jawa Tengah. Untuk itu kondisi kedaruratan harus disiapkan dengan baik agar masyarakat bisa menghadapi bencana itu dengan baik.

"Untuk Di Jawa Tengah, besok juga akan melakukan simulasi di Kebumen untuk menghadapi potensi-potensi siklon tropis itu. Mudah-mudahan masyarakat siap memitigasi, early warning system-nya jalan, kentongannya dibunyikan lagi, jalur evakuasi dipastikan," ungkapnya.

Seperti diberitakan, gempa di Malang terjadi sekira pukul 14.00 Sabtu kemarin. Berdasarkan informasi BMKG, pusat gempa berada di 80 kilometer Barat Daya Malang. Ratusan bangunan rusak akibat gempa tersebut.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya