Tentukan 1 Ramadhan, Menantu Jokowi Ikut Pantau Hilal di UMSU

Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution

VIVA – Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi salah satu titik nasional pengamatan hilal, untuk penentuan 1 Ramadhan 1442 H.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Pemantauan ini adalah hasil kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemanag) RI, dalam sidang isbat yang akan dilaksanakan, Senin sore ini 12 April 2021.

Titik kordinat pengamatan hilal langsung di OIF UMSU yang terletak di Kampus Pasca Sarjana Jalan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara dan akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Nasution dan Rektor UMSU, Dr Agussani.

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Baca juga: BMKG Pantau Tujuh Titik Panas di Sumatera Utara

"Hari ini, secara nasional adalah  penentuan praktek pengamatan hilal menentukan 1 Ramadhan 1442 H. Tim OIF UMSU dalam setiap tahun rutinitasnya. Kita menyelanggarakan dan memfasilitas untuk pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan," sebut Kepala OIF UMSU, dr Arwin Rakhmadi Butar-butar ?kepada wartawan, Senin 12 April 2021.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Arwin menjelaskan, OIF UMSU sudah melakukan persiapan untuk pengamatan hilal sejak, Minggu kemarin, 11 April 2021. Dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan alat-alat yang digunakan. 

"Bahkan menyiapkan alat untuk pengamatan untuk nanti sore. Persis digunakan setelah matahari tenggelam," kata Arwin.

Arwin mengungkapkan, UMSU melalui OIF UMSU berkontribusi kepada pemerintah pusat dalam pengamatan hilal untuk penetapan hari pertama ibadah puasa di bulan Ramadhan 1442 H.

"Sejak beberapa tahun ini, koordinat kita. OIF UMSU salah satu titik pemangatan hilal secara nasional dan Kantor Gubernur Sumut sejak lama dilakukan. Bila terlihat pengamatan akan disampaikan kepada Kementerian Agama pusat," tutur Arwin.

Ssecara keilmuan, jelasnya, bahwa diketahui dari ketinggian hilal pada hari ini 3 derajat lebih, tidak sampai 4 derajat. Tentu secara keilmuan secara berulangan-ulang sangat sulit. 

"Namun demikian, posisi hilal masih positif berada diposisi di 3 derajat. Mudah-mudah langit sangat cerah, dan sangat mempermudah pengamatan," kata Arwin.

Untuk pengamatan hilal ini, Arwin menambakan OIF UMSU menyiapkan 4 alat teropong. Salah satunya akan digunakan oleh menantu Presiden Joko Widodo bersama jajaran pemerintah Kota Medan dan jajaran Rektorat UMSU.

"Sejauh ini, pemangatan menyiapkan 4 alat atau terporong. Yang mana dua teropong sudah terpasang. Untuk pemangatan bersama dengan oleh Pak Wali Kota Medan bersama unsur terkait disediakan di lapangan dan bisa digunakan nanti sore," ungkap Arwin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya