UTBK di Undip, Rektor Pastikan Semua Taati Protokol Kesehatan

Suasana UTBK di Undip
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Mulai hari ini, Senin 12 April 2021 Universitas Diponegoro menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 secara serentak. UTBK adalah tes yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. 

Korban Pelecehan Rektor Nonaktif UP Surati DPR hingga Menko Polhukam, Minta Hal Ini

Pada hari pertama UTBK di Undip, dilakukan dalam 2 sesi. Pada sesi pagi mulai pukul 06.45-10.30 wib dan sesi siang pukul 13.00-16.35 wib.

Seluruh kegiatan UTBK dari sejak peserta datang, mengikuti tes, waktu jeda, hingga selesai tes dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, mengingat kondisi pandemi saat ini. 

Sempat Ditunda Karena Sakit, Rektor UP Nonaktif Hari Ini Jalani Visum Psikiatrikum

Tahun 2021 ini jumlah peserta UTBK di Undip adalah sebanyak 25.302 orang yang terdiri dari program saintek sebanyak 12.681, soshum sejumlah 11.971 dan campuran berjumlah 650 orang.

Undip melaksanakan UTBK dalam 24 sesi. Yaitu dari tanggal 12 sampai 19 April, dan 26 sampai 30 April 2021. Tes dilaksanakan di kampus Pleburan dan Tembalang. 

Rektor IPDN Mendorong Kesiapan Hadapi Revolusi Industri

Jumlah peserta UTBK di kampus Undip Pleburan setiap hari ada 390 orang. Sedangkan jumlah peserta UTBK di kampus Undip Tembalang setiap harinya ada 1.980 orang.

Kapasitas kursi ruangan disesuaikan dengan jumlah peserta ujian dengan memperhatikan jarak sesuai protokol kesehatan 1,5 meter.

Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof. Dr.Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. mengatakan, ini adalah kali kedua Undip melaksanakan UTBK di masa pandemi.

"Alhamdulillah, pelaksanaan UTBK hari pertama berjalan tertib dan lancar. Ini adalah kali kedua Undip melaksanakan tes UTBK di masa pandemi. Mulai dari petugas ruang dan peserta, semuanya mentaati tata tertib UTBK dan disiplin menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya