Umumkan 1 Ramadhan 1442 H Jatuh pada 13 April, Ini Pesan Menag

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Humas Kemenag

VIVA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Itu ditetapkan berdasarkan sidang Isbat yang dilaksanakan pada petang ini.

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

Sidang Isbat dilakukan bersama dengan para tokoh agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga diikuti perwakilan dari negara-negara sahabat.

"Baru saja kita menyelenggarakan sidang Isbat, Kami mendapatkan 13 orang di bawah sumpah, (menyampaikan) hilal sudah diilihat. Putusan sidang Isbat tanpa ada perdebatan," kata Menag dalam konferensi pers, Senin, 12 April 2021.

Tak Sidang, Besok MK Cuma Terima Kesimpulan dari Para Pihak Sengketa Pilpres

Untuk itu, Menag menetapkan bahwa malam ini sudah mulai dilakukan Ibadah Salat Tarawih. "Kami menetapakan 1 Ramadhan jatuh pada 13 April 2021 bertepatan dengan hari Selasa. malam ini Tarawih, Subuh nanti Sahur,” kata dia.

Yaqut pun mengucapkan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan ibadah puasa. “Mari kita ciptakan Ramadhan ini dengan ketenangan," katanya.

5 Potret Paula Verhoeven Berhijab, Cantik dan Anggun!

Hadir dalam sidang tersebut pejabat Kemenag, perwakilan Komisi VIII DPR, BMKG, Lapan, MUI dan organisasi Islam dan perwakilan negara sahabat. Untuk diketahui, pemantauan hilal dilakukan di 86 titik pemantauan.

Juru bicara Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono.

MK Ungkap Konsekuensi Jika Kesimpulan Sengketa Pilpres Tak Diserahkan Hari Ini

Juru Bicara MK Fajar Laksono mengungkapkan konsekuensi jika para pihak tidak menyerahkan kesimpulan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024