Survei: Risma Salip Khofifah di Daftar Capres Pilihan Milenial Jatim

Mensos Tri Rismaharini.
Sumber :
  • Edwin Firdaus/VIVA.

VIVA – Nama Tri Rismaharini alias Risma kian melambung setelah menjadi Menteri Sosial. Bahkan, namanya menyalip Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sebuah hasil survei

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

Berdasarkan hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) dengan sasaran responden milenial Jatim, Risma menjadi ancaman Khofifah baik dalam pemilihan gubernur maupun calon presiden mendatang. 

Hasil survei SSC menyebutkan, Risma melesat di antara beberapa tokoh nasional dalam pilihan milenial Jatim terkait sosok calon presiden pada Pilpres 2024.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Berdasarkan top of mind presiden pilihan milenial, nama teratas yang dipilih milenial Jatim dalam survei itu ialah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan perolehan 8,9 persen.

Di bawahnya ada nama Risma dengan angka pilihan 7,8 persen. Nama mantan Wali Kota Surabaya itu satu tingkat di atas politikus PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 5 persen. Adapun Khofifah berada di posisi delapan dengan angka 0,9 persen.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

"Prabowo, Risma, dan Ganjar bersaing ketat baik di survey top of mind maupun elektabilitas yang menyasar responden dari kalangan milenial Jatim," kata Direktur SSC Edy Marzuki saat memaparkan hasil surveinya di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin, 12 April 2021.

Dari sisi keterpilihan tokoh, nama Risma justru nangkring di posisi teratas menurut milenial Jatim, yakni sebanyak 15 persen. Di bawahnya ada Prabowo Subianto 10,8 persen dan Ganjar Pranowo 9,9 persen. Di bawahnya ada Agus Harimurti Yudhoyono 4,2 persen, Anies Baswedan 3,6 persen, Basuki Tjahaja Purnama 2,9 persen, dan Khofifah 2,7 persen.

Untuk Pemilihan Gubernur Jatim, Khofifah berada di posisi teratas pilihan milenial Jatim.  Risma membayangi di bawahnya dengan selisih angka yang tipis. “Untuk top of mind, Khofifah berada di puncak klasemen dengan 16.2 persen. Kemudian disusul oleh Risma dan Emil dengan masing-masing 15.5 persen dan 5.2 persen,” kata peneliti senior SSC Surokim Abdussalam.

“Untuk elektabilitas, Khofifah dominan dengan 26.8 persen. Diikuti Risma dengan 21.8 persen lalu Emil dengan 5.8 persen. Nama-nama lain seperti Gus Ipul, Mbak Puti, hingga Azwar Anas perolehannya tidak sampai 5 persen,” ujar Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura itu.

Untuk diketahui, survei tersebut dilakukan pada 5-25 Maret 2021 dengan kelompok milenial calon pemilih di atas usia 17 tahun sebanyak 1.070 responden yang tersebar di seluruh daerah atau 38 kabupaten dan kota di Jatim.

Responden survei dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Edy menuturkan, hasil survei tersebut masih terbuka terjadi perubahan dalam beberapa waktu ke depan. Sebab, lanjut dia, hasil survei top of mind, 67,6 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Sementara untuk survei elektabilitas, 41,4 persen responden memilih tidak tahu dan tidak menjawab. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya