Helikopter PT Ersa Air yang Dibakar KKB Papua Diterbangkan ke Timika

Helikopter yang bakar OPM
Sumber :
  • VIVA / Aman Hasibuan ( Papua)

VIVA – Helikopter milik PT Ersa Air yang dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB), pada Senin, 12 April 2021, telah diterbangkan dari bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak ke Timika, Papua.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

"Memang benar helikopter yang dibakar Minggu malam (11/4) sudah berada di Timika setelah tim teknisi tiba di Ilaga dan memperbaiki pesawat tersebut," kata Kepala Bandara Aminggaru, Ilaga, Herman Sujito, pada Selasa.

Herman yang dihubungi dari Jayapura mengakui, setelah dilakukan pengecekan ternyata kerusakan yang dialami tidak parah sehingga setelah diperbaiki sekitar pukul 14.30 WIT helikopter itu terbang ke Timika.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

"Sejak Senin (12/4) aktivitas penerbangan di bandara Aminggaru, Ilaga telah normal," kata Herman seraya menambahkan operasional bandara melayani sekitar 50 kali penerbangan dari dan ke Ilaga.

Tercatat ada tujuh perusahaan penerbangan yang melayani rute ke Ilaga dan terbanyak dari bandara Moses Kilangin Timika, kata Herman Sujito.

Perubahan Kebijakan dan Ketegasan Pemerintah Diperlukan untuk Tumpas OPM, Menurut Pengamat

Kepala Polres Puncak Kompol Nyoman Punia secara terpisah mengaku, penyidik sudah melakukan olah TKP kasus pembakaran helikopter yang dilakukan KKB.
 
Olah TKP dilakukan Senin (12/4) dan menyita beberapa barang bukti berupa jeriken bensin dan batu yang diduga digunakan untuk merusak heli itu. Punia mengklaim situasi di Ilaga relatif kondusif namun polisi senantiasa waspada. (ant)

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan kunjungan kerja ke Papua

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Ia mengingatkan, bahwa ada perubahan istilah ini tak bisa sukses jika hanya dijalankan oleh TNI saja, seluruh lembaga negara harus solid mengganti istilah KKB menjadi OPM

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024