Nekat Mudik Lewat Jalur Tikus, Siap-siap Dicegat Korlantas Polri

Polda Jateng lakukan penyekatan di 14 titik halau pemudik (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono mengatakan, pihaknya sudah memetakan wilayah yang akan menjadi lokasi tujuan mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2021 yakni Jawa Tengah. Pemerintah diketahui telah melarang kegiatan mudik dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

“Tujuan yang paling banyak ada di Jawa Tengah, khususnya daerah Purwokerto, Banyumas,” kata Istiono di Jakarta pada Selasa, 13 April 2021.

Baca juga: Kantor Pertama Kemenlu Dijual, Wagub DKI: Kita Carikan Solusinya

Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri

Menurut dia, pihaknya telah melakukan survei untuk memetakan lokasi yang berpotensi menjadi jalur-jalur tikus bagi masyarakat yang melakukan kegiatan mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri. Maka dari itu, pihaknya akan mengantisipasi jalur yang digunakan pemudik seperti Jawa Tengah.

“Besok sudah saya supervisi, saya tetapkan titiknya di mana. Karena jalur tikus juga banyak. Kalau dari Banyumas, berarti kebanyakan dari Jakarta,” ujarnya.

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Biasanya, kata dia, Jawa Barat ada empat jalur yang harus diantisipasi yakni jalur utara, jalur tengah hingga jalur selatan. Menurut dia, jalur selatan itu banyak jalur tikus termasuk pecahannya.

“Jawa Tengah harus kita saring lagi, Polres hingga Polsek kita sekat semua. Konsisten kita. Ini enggak main-main penyebaran COVID-19, semua kita perketat,” jelas dia.

Oleh karenanya, Istiono mengatakan Polri akan menyiapkan 333 titik penyekatan termasuk jalan tikus di sepanjang lintasan Lampung hingga Bali. Sehingga, dipastikan tidak akan ada yang bisa lolos untuk mudik.

“Saya jamin tidak akan bisa lolos. Jalan tikus mau yang lebih kecil akan kita hadang. Kita sudah sekat, pos-pos penyekatan sudah kita bangun,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya