Warga Jateng Kini Bisa Perpanjang SIM dari Rumah, Ini Caranya

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Rudy Syafirudin
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Kepolisian telah meluncurkan aplikasi SIM online. Masyarakat Jawa Tengah kini bisa memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis dengan mengunduh aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar).

Polda Metro Jaya Gelar Pemutihan SIM

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi mengemukakan, masyarakat di Indonesia termasuk di Jawa Tengah tak perlu ragu lagi untuk mengurus SIM karena tak perlu berinteraksi.

"Aplikasi pembuatan SIM online ini akan mengurangi interaksi masyarakat dengan petugas. Hal itu tentu sangat baik dalam memutus mata rantai atau mencegah penularan COVID-19. Selain itu juga meminimalisir terjadinya pelanggaran antarmasyarakat dengan petugas kepolisian dalam pembuatan SIM," ujar Kapolda di kantornya, Selasa, 13 April 2021.

Jangan Lupa! Perpanjang SIM Mati Tanpa Harus Bikin Baru Berlaku Mulai Besok

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Komisaris Besar Polisi Rudy Syafiruddin mengatakan, SIM online ini ada tahapannya.

"Sekarang untuk perpanjangan. Di Jateng sudah melakukan serangkaian kegiatan perpanjangan SIM online baik SIM A, C, dan D. Jadi masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SIM tak perlu lagi datang ke kantor polisi,” kata Kombes Rudy.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Rangkaian tes memperoleh SIM, lanjutnya, akan dilakukan secara digital, baik uji praktik, tes kesehatan, tes psikologi, hingga pas foto. Masyarakat nanti hanya tinggal membayar biaya pembuatan atau perpanjangan SIM sesuai tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP). “Setelah selesai, kami dari kepolisian nanti akan mengirim SIM-nya ke alamat pemohon,” katanya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno (tvOne/ Semarang, Jateng)

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi pamitan jelang pensiun

Momen Haru Irjen Ahmad Luthfi Lebaran Bareng Anggota: Ini Operasi Ketupat Terakhir Saya

Operasi Ketupat Candi 2024 akan menjadi operasi kepolisian terakhir bagi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi karena akan segera pensiun pada November 2024 mendatang

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024