Baru 40 Ribu Warga Papua yang Divaksin, Lansia 1,2 Persen

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau Stadion PON Jayapura
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi Petugas Kesehatan, Petugas Pelayanan Publik, dan Lansia di Kelurahan VIM dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Induk Jayapura pada hari ini Rabu, 14 April 2021.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Sebanyak 200 peserta yang divaksinasi COVID-19 berasal dari pegawai kelurahan VIM Kota Jayapura dan 133 peserta petugas pertanian dan imigrasi di KKP Induk Jayapura.

Menkes berpesan agar pelaksanaan vaksinasi didorong pada peningkatan cakupan vaksinasi lansia sebagai kelompok yang memiliki risiko paling tinggi saat tertular COVID-19.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

"Prioritas lansia penting. Orang tua (lansia) yang divaksinasi COVID-19 harusnya capaiannya dua kali pelayanan publik. Namun saat ini petugas publik hampir lima kali lansia. Orang tuanya dulu. Kalau dia bawa orang tuanya suntik, kita suntik juga," kata Menkes Budi Gunadi di Jayapura.

Secara umum per 13 April 2021, dari 562.248 sasaran vaksinasi Tahap I dan Tahap II provinsi Papua, sebanyak 103.234 peserta (18.36 persen) yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 40.923 (7.28 persen) peserta yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua. 

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Sedangkan untuk lansia di Papua baru sebanyak 3.014 orang atau 1,20 persen lansia yang mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Sebelumnya, setiba di Jayapura Menkes langsung meninjau Stadion Lukas Enembe/papua bangkit, yang merupakan lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) serta Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura.

Turut mendampingi adalah Dirjen Pelayanan Kesehatan, Plt Badan PPSDM Kesehatan, Kadinkes Provinsi Papua, Wali Kota Jayapura, beserta jajaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya