Polri: Helikopter Dibakar KKB di Papua Rusak hingga Tidak Bisa Terbang

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

VIVA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan mengatakan, helikopter yang dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Apron Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu, 11 April 2021, mengalami kerusakan yang cukup parah.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

“Kami sampaikan bahwa kondisi helikopter yang dibakar dalam keadaan rusak dan tidak bisa terbang. Bersyukur kita dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa,” kata Ramadhan di Mabes Polri pada Rabu, 14 April 2021.

Menurut dia, helikopter milik PT Ersa itu posisinya saat itu sedang parkir di Bandara Udara Aminggarus Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Tampaknya, pembakaran helikopter oleh kelompok kriminal bersenjata untuk mengganggu aktivitas penerbangan.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Namun, kata dia, Kapolda Papua telah menginstruksikan kepada jajarannya bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk meningkatkan menjaga objek vital secara ketat, terutama di bandara.

“Saat ini personel gabungan TNI dan Polri masih melakukan pengejaran terhadap pelaku pembakaran dari KKB tersebut. Pasukan personel TNI dan Polri yang ada di sekitarnya terus dikerahkan,” ujarnya.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Berdasarkan informasi yang diterima dari Humas Satgas Nemangkawi Kepolisian Indonesia, Minggu, 11 April 2021, sekitar pukul 20.20 WIT, kelompok bersenjata membakar satu helikopter yang sedang parkir di Bandara Aminggaru Ilaga.

Hal itu membuat personel TNI dan polisi tidak tinggal diam sehingga terjadi kontak senjata dengan kelompok bersenjata itu. Orang-orang yang membakar helikopter di Bandara Aminggaru, Ilaga, itu diketahui kemudian Prenggen Telenggen, Abu Bakar Kogoya, Lerymayu Telenggen, dan Numbuk Telenggen.
 

VIVA Militer: Prajurit Puspenerbal TNI AL gelar latihan terbang malam

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Latihan terbang malam menggunakan Helikopter Bell 412

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024