Jokowi ke Kepala Daerah: Kerja Cepat, Jangan Cuma Baca Laporan

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Jokowi memberi pesan penting kepada kepala daerah yang baru dilantik hasil kontestasi Pilkada belum lama ini. Jokowi meminta mereka yang baru saja terpilih sebanyak 185 orang, bekerja cepat dan tidak cepat puas.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi arahan kepada peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah di Istana Negara, Jakarta.

"Harus bekerja dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, dalam bekerja jangan hanya puas membaca laporan saja. Cek di lapangan, lihat di lapangan, kontrol di lapangan," kata Jokowi seperti dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 15 April 2021.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Jokowi menegaskan, kecepatan dan ketepatan kepala daerah membuat kebijakan sangat berpengaruh pada pembangunan di wilayahnya masing-masing. Dalam membuat kebijakan juga diperlukan inovasi, jangan terjebak rutinitas.

Kepala Negara sekaligus mengingatkan kepada kepala daerah untuk membuat skala prioritas dengan menginvetarisir apa yang dibutuhkan tiap-tiap daerah.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

"Menurut saya semakin sedikit kegiatan, secara manajemen akan semakin gampang kontrolnya, semakin gampang ngeceknya dan hasilnya akan semakin kelihatan," kata Jokowi.

"Harus berorientasi tujuan, bertejuan hasil. Orientasinya adalah hasil. Harus berani berinovasi," sambung Jokowi.

Soal orientasi dan prioritas kerja, Jokowi mengingatkan, rencana kerja daerah tidak lagi diecer- ecer. Dia mengritik anggaran di suatu daerah bisa mencapai 40 ribu jenis kegiatan. "Usahakan agar belanja pembangunan, belanja modal itu lebih besar dari belanja aparatur," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya