Bogor Timur Dinilai Paling Siap Jadi Daerah Otonomi Baru

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB) Bogor Timur dinilai jauh lebih siap secara administrasi dibandingkan Indramayu Barat, Jawa Barat.

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia

"Kesimpulan tersebut berdasarkan data dalam rapat pembahasan bersama pemangku kepentingan dan Pemerintah Kabupaten Bogor pada pembahasan lanjutan mengenai CDPOB," kata Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sadar Muslihat di Bandung, Kamis, 15 April 2021.

Berdasarkan data yang dipaparkan, menurut dia, Bogor Timur sangat penuhi syarat untuk dimekarkan.

Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

"Bahkan, bukan keinginan, melainkan kebutuhan, jumlah penduduk, maupun luas wilayah. Selain itu, juga dari data pendapatan asli daerah, baik induk maupun CDPOB, sudah sangat memenuhi syarat," ujar Sadar.

Sadar menyebutkan secara geografis kondisi wilayah Bogor Timur sudah terintegrasi dengan jalur strategis, seperti kawasan perkotaan dan lingkungan pemerintahan serta sumber daya manusia (SDM), tidak ada masalah karena ketersediaan pegawai yang cukup banyak sehingga tinggal melakukan distribusi.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

"Perkembangan infrastruktur yang ada Bogor Timur ini lebih menarik dan jauh lebih mudah untuk akses jalannya," kata Sadar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memproses kembali usulan Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat menjadi daerah otonomi baru.

Gubernur Ridwan Kamil (Kang Emil) menyerahkan kedua berkas calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB) itu ke DPRD Provinsi Jabar dalam rapat paripurna untuk dibahas lebih lanjut.

"Jabar sedang memproses dua daerah calon daerah persiapan otonomi baru itu," kata Kang Emil di Bandung, beberapa waktu lalu. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya