Bubos, Inovasi Bukber ala Istri Ridwan Kamil Menyiasati Pandemi

Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Ribuan warga dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat diundang dalam Buka Bersama on The Screen (Bubos) pada 24 April 2021. Acara yang biasa dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta istri biasanya digelar terbuka, namun di masa pandemi COVID-19, kegiatan itu digelar secara virtual.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, menjelaskan bahwa perwakilan yang hadir dipastikan dibatasi dengan jumlah sedikit agar tak terjadi kerumunan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Insyaallah kita waktunya sudah dekat yang akan diikuti 100 orang lebih yang tersebar di 27 kabupaten/kota secara hybrid," ujar Atalia di sela acara dialog Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat, 16 April 2021.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Selain masyarakat umum dan komunitas, Atalia juga mengajak siswa SMA dan sederajat sekaligus memberi ruang sosial berbagi makanan pada bulan Ramadan. "Jadi siswa didorong menjadi anak yang peduli dengan cara mengirimkan masakan sendiri dan akan mengirimkan kepada salah satu tetangganya atau kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

"Ini momen yang luar biasa, termasuk OPD yang akan menyasar satu rumah singgah atau rumah yatim maupun jompo," tambahnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi menambahkan, siswa yang diikutsertakan bertujuan meningkatkan dan memperkuat karakter di tingkat SMA, SMK maupun SLB.  Sebanyak 25.500 siswa SMA, 14.400 (SMK), dan 2.100 (SLB) sudah terdaftar untuk mengikuti kegiatan itu.

"Target kita sekitar 50 ribu, sedangkan total yang sudah terdaftar 42.500 siswa. Saya optimis pada pelaksanaannya nanti 24 April bisa mencapai 80 ribu siswa dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat," katanya. 

"Mereka akan membagikan makanan bikinan sendiri yang dikemas dalam rantang untuk dikirimkan kepada tetangga, teman, anak yatim dan lansia. Bukan maksud riya, mereka harus foto dan dikirim ke Instagram dengan hastag Rantang Siswa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya