Bagi-bagi Takjil, Cara Cegah Kerumunan di Tengah Pandemi COVID-19

Petugas Samsat Kabupaten Tangerang bagi-bagi takjil ke pengendara motor.
Sumber :
  • VIVA/ Sherly.

VIVA - Tahun 2021 menjadi tahun kedua umat muslim khususnya di Indonesia menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan situasi pandemi COVID-19. Namun, hal itu tidak menyurutkan niat sejumlah instansi untuk tetap beramal di bulan suci Ramadhan.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Salah satunya, dengan melakukan kegiatan pembagian takjil gratis kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan petugas Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) kawasan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kepala Unit (Kanit) Samsat Kelapa Dua, AKP Panji Ali Candra, mengatakan kegiatan tersebut sebagai strategi menjelang iftar atau buka puasa untuk mengurangi potensi kerumunan atau keramaian para pengendara yang ingin membeli takjil di pasar jajanan.

Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Ini strategi kita untuk mengurangi kerumunan masyarakat yang akan membeli takjil," katanya, Sabtu, 17 April 2021.

Baca juga: Polisi Tak Persoalkan Penjual Takjil Pinggir Jalan Selama Ramadhan

5 Doa di Akhir Ramadhan untuk Amal Ibadah Makin Afdol Diterima

Pembagian pun dilakukan kepada seluruh masyarakat yang melewati gedung Samsat Kelapa Dua, Tangerang. Mereka menyediakan 200 kotak makanan dan minuman yang siap dibagikan.

Tidak hanya petugas kepolisian, pengelola salah satu mal atau pusat perbelanjaan di Kota Tangerang yakni Tangerang City Mall pun juga melakukan kegiatan yang serupa. Dengan menyediakan 300 kotak takjil, pengelola membagikannya kepada para pengguna jalan.

"Setelah vaksinasi rampung, ada semangat baru dan antusiasme dalam pelaksanaan program CSR (Corporate Social Responsibility) seperti ramai-ramai sedekah. Sebab, untuk pertama kalinya di tengah pandemi COVID-19, kami dapat menyapa langsung pengunjung dan masyarakat dengan membagikan takjil," ujar Direktur Tangcity Superblock, Norman Eka Saputra.

Bahkan, program pembagian takjil itupun akan dilakukan secara berjadwal, mulai dari Senin hingga Kamis, kepada para pengguna jalan dan pengunjung mal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya