Terawan Tegaskan Vaksin Nusantara 100 Persen Buatan Indonesia

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Mantan Menkes Terawan, angkat bicara mengenai vaksin Nusantara yang disebut didominasi oleh pihak asing dalam pembuatannya. Menurut Terawan, tudingan tersebut adalah tudingan yang keliru.

Terawan hingga Eks KSAD Dudung Hadir jadi Pendukung Prabowo di Debat Pamungkas

Pada saat mengambil sampel darah pasangan selebriti Anang Hermansyah dan Ashanti di RSPAD Gatot Soeboroto, Terawan menjelaskan bahwa vaksin nusantara dikerjakan oleh anak bangsa. Jika ada orang non WNI yang ada di tempat penelitian itu dipastikan hanya sekadar melihat orang Indonesia bekerja.

"Lima menit, (Bule) masuk lihat bagaimana orang Indonesia bekerja ditonton orang bule," kata Terawan dalam sebuah video yang diunggah di platform berbagi video Youtube, yang dikutip Senin malam 19 April 2021.

Toko Khusus Produk Indonesia Dibuka di Mal Malaysia, Kemendag: Sangat Efektif Dorong Ekspor

Belakangan ini, banyak tudingan yang menyebut vaksin nusantara dikerjakan orang asing, dan itu menurut terawan salah besar. Terawan berani menjamin vaksin Nusantara dikerjakan oleh anak bangsa.

"Berbeda dengan pandapat orang. Orang bule bekerja, orang Indonesia nonton, tidak! di sini semua 100 persen yang bekerja orang Indonesia," ujarnya.

JMFW 2024 Resmi Digelar, Kemendag Minta Masyarakat Konsisten Promosikan Produk Lokal

Sebelumnya diberitakan, Kepala BPOM Penny K. Lukito menyoroti konsep vaksin nusantara yang diklaim karya anak bangsa, namun ditemui beberapa kejanggalan. Mulai dari tim peneliti yang didominasi orang asing, hingga komponen pembuatan vaksin sel dendritik yang kebanyakan didapat dari komponen impor yang mahal.

"Di dalam pembahasannya tim peneliti asinglah yang menjelaskan, yang membela dan berdiskusi, yang memproses pada saat kita hearing tersebut, dan terbukti proses pelaksanaan uji klinik proses produknya dilakukan oleh tim peneliti asing dari AVITA," kata Penny dalam rapat kerja dengan Komisi IX secara virtual, Kamis lalu 8 April 2021.

Eks Menkes Terawan Agus Putranto hadir nonton debat kelima Pilpres 2024.

Muncul di Debat Terakhir Capres, Nusron-TKN: Pak Terawan Dukung Prabowo-Gibran

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024