Ini Dia Sosok Penyandang Dana Pembelian Senjata KKB

Paniel Kogoya diduga penyandang dana pembelian senjata KKB
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Satgas Nemangkawi mengamankan seorang warga bernama Paniel Kogoya yang diduga menjadi salah satu penyandang dana untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua guna membeli senjata api.

5 Senjata Buatan Asli Indonesia yang Disegani Dunia, Ini Kecanggihannya

"Kami Satgas Gakkum Nemangkawi telah menangkap Paniel Kogoya yang diduga pembeli atau pencari senjata KKB Intan Jaya," ucap Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusi dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Senin, 19 April 2021.

Iqbal menjelaskan, Paniel Kogoya sebenarnya sudah masuk dalam Dafta Pencarian Orang (DPO) terkait dengan hal tersebut. Hal itu merupakan pengembangan dari keterangan DC dan FA yang merupakan tersangka kepemilikan senjata api.

Top Trending: Pasukan Elit TNI Kopassus Hingga Pengendara Mobil Mitsubishi Xpander

"Dari hasil keterangan sementara Paniel Kogoya mengakui telah membeli senjata empat pucuk dan telah diberikan kepada KKB Nduga yang ada di Intan Jaya," ujar Iqbal.

Kemudian, kata Iqbal, dari hasil keterangan tersangka DC, diketahui sejumlah transaksi yang dilakukan oleh Paniel Kogoya. Diantaranya pembelian senjata jenis M4 senilai Rp300 juta.

Houthi Ungkap Dari 50 Negara Muslim di Dunia Hanya 1 Negara yang Bantu Senjata untuk Palestina

Ia membeli senjata jenis M16 pada bulan Desember 2019 dengan harga Rp300 juta. Kemudian, memesan senjata seharga Rp550 juta pada awal tahun 2020.

Dikatakan, tersangka Paniel Kogoya telah diamankan ke Polres Nabire untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Satu Prajurit Membelot ke KKB, TNI: Kalau Ketemu ya Dimatikan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya