Rabu Ada Reshuffle Kabinet? Ini Jawaban Mensesneg dan Seskab

Ilustrasi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Banyak yang memprediksi, Rabu besok 21 April 2021, Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet. Didasarkan pada prediksi yang dilakukan sebelum-sebelumnya, yakni kerap dilakukan pada Rabu.

Usai Menlu Cina, Eks PM Inggris Tony Blair Datangi Istana Temui Jokowi

Untuk diketahui, pada periode pertama (2014-2019) Presiden Jokowi, reshuffle kabinet dilakukan pada Rabu. Yakni 12 Agustus 2015 bertepatan pada Rabu. Lalu setahun berikutnya, pada 27 Juli 2016 yang juga hari Rabu.

Pada periode kedua 2019-2024, memang pengumuman menteri kabinet hasil reshuffle dilakukan pada Selasa 22 Desember 2020. Tapi pelantikannya sehari berselang, Rabu 23 Desember 2020.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Namun pihak Istana memastikan, bahwa besok tidak ada agenda reshuffle kabinet tersebut. Baik Menteri Sekretaris Negara Pratikno hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, memastikan bahwa rabu besok belum reshuffle.

"Besok Presiden kunjungan kerja ke Jawa Barat," kata Pramono Anung, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 20 April 2021.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Ditegaskan lagi apakah dengan kunjungan kerja itu meniadakan agenda reshuffle, Mensesneg Pratikno mengatakan, "Nggak ada," katanya.

Baik Pramono dan Pratikno kompak membantah kabar pengumuman reshuffle kabinet dilakukan Rabu besok. Namun saat disinggung apakah pengumuman reshuffle akan dilakukan sebelum atau sesudah Idul Fitri, kedua pejabat dekat Presiden itu tidak menjawab dengan tegas.

"Nggak, ditunggu saja," kata Pratikno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya