Pendiri NU Hilang dari Kamus Sejarah, Sejarawan: Aneh

Sejarawan Anhar Gongong dalam Kabar Petang tvOne
Sejarawan Anhar Gongong dalam Kabar Petang tvOne
Sumber :
  • Youtube tvOne

VIVA – Hilangnya nama pahlawan nasional sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Kiai Haji Hasyim Asy'ari dalam kamus sejarah membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud menuai kritik dan protes. Tak adanya nama Hasyim Asy'ari dinilai aneh.

Sejarawan Anhar Gonggong menghargai permintaan maaf dari Kemendikbud. Namun, hal ini menurutnya bukan sekedar maaf.

"Bagi saya persoalannya bukan sekedar maaf. Tapi, itu malahan aneh. Anehnya apa, masak orang seperti, sehebat itu tidak masuk di dalamnya," kata Anhar dalam Kabar Petang tvOne yang dikutip VIVA pada Kamis, 22 April 2021.

Anhar menyampaikan aneh karena Hasyim Asy'ari sebagai tokoh dikenal punya peranan penting dalam masa revolusi perjuangan. Bahkan, putra Hasyim Asy'ari, Wahid Hasyim juga memiliki peran penting.

"Siapa yang tidak kenal beliau. Bahkan, bukan hanya belau, anaknya juga punya peranan penting dalam masa revolusi ini. Itu kok tiba-tiba nggak ada. Lalu, dia pakai sumber apa sebagai seorang sejarawan," tutur Anhar.

Baca Juga: Nadiem Tak Ada Niat Hapus Jejak Sejarah Hasyim Asy'ari

Dia mempertanyakan proses seleksi penulisan kamus sejarah tersebut. Ia membandingkan dengan kamus bahasa yang prosesnya pun mesti dengan kecermatan dan ketelitian.