Ridwan Kamil Umumkan Cirebon Akan Menjadi Saingan Bandung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon yang telah direvitalisasi dengan biaya mencapai Rp44 miliar, Rabu, 21 April 2021.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon yang telah direvitalisasi dengan biaya mencapai Rp44 miliar. Revitalisasi untuk memberikan kenyamanan bagi turis dalam negeri maupun luar negeri.

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

Alun-alun yang diresmikan pada Rabu, 21 April 2021, itu dinilai akan memberikan kenyamanan dengan konsep nilai-nilai religi dan sejarah kasepuhan Cirebon. 

"Tamu-tamu banyak bertanya kalau ke Cirebon di mana? Nongkrong di mana? Cirebon, sejak ada jalan tol Cipali, ditambah pariwisata, menjadi bagus—ini saingan Kota Bandung, sebenarnya," ujar Ridwan Kamil, Kamis.

Kronologi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan, Kemaluan Ditendang Hingga Berdarah-darah

Untuk mengurangi potensi kemacetan lalu lintas, fasilitas parkir basement permanen dibuat untuk memberi kenyamanan ibadah di masjid yang berdekatan dengan Alun-alun dengan daya tampung 70 mobil dan 120 motor.

Cirebon, katanya, khas dengan sejarah bernuasa religius, dan karenanya, konsep pengembangan pariwisatanya mesti menonjolkan aspek itu. Dia telah memperkirakan bahwa Cirebon akan didatangi banyak wisatawan setelah alun-alunnya menjadi lebih bagus, sekalian menyokong industri UMKM dan kuliner.

Miris! Anak Isa Bajaj Diduga Alami Kekerasan hingga Berdarah saat Bermain di Alun-alun Magetan

Namun, Ridwan Kamil mengakui keberadaan alun-alun itu berpotensi memicu kerumunan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Maka aparat pemerintah harus selalu siaga untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan.

Dia mengingatkan, sekurang-kurangnya Satpol PP harus selalu siaga untuk menertibkan para wisatawan di Alun-alun. “Biasanya bulan-bulan pertama orang enggak disiplin, tapi kalau menghargai, lama-lama lahir budaya disiplin," katanya.

Sekda Depok, Supian Suri temui Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024