Puluhan Orang Keracunan Usai Santap Menu Berbuka Puasa di Langkat

Korban Keracunan Saat Dirawat di Rumah Sakit
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution

VIVA – Sebanyak 22 orang dilaporkan keracunan, usai menyantap makanan dan minuman berbuka puasa, di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Peristiwa itu terjadi pada Rabu petang kemarin 21 April 2021. Puluhan korban itu, merupakan warga yang tinggal di perkebunan PTPN II Batang Srangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Berdasarkan informasi diperoleh, warga keracunan saat acara buka puasa bersama sekaligus kegiatan pisah sambut antara manajer baru dan lama perkebunan tersebut. 

"Sebanyak 21 warga kemudian dilarikan ke Rumah Sakit (RS) PTPN II Tanjungselamat untuk mendapatkan perawatan. Sementara itu, satu orang lainnya dirujuk ke RS Fuad Binjai," jelas Kapolsek Padang Tualang, AKP Tarmizi Lubis kepada wartawan, Kamis 22 April 2021.

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

Baca juga: 648 Imam Masjid di Pekanbaru Jalani Vaksinasi Covid-19 Bertahap

Pihak kepolisian telah melakukan pemeriksaan dan pengumpulan barang bukti. Warga yang diduga mengalami keracunan setelah mengkonsumsi minuman campuran antara sirup, nata decoco, kerukan timun, dan es batu. Tarmizi mengatakan setelah itu, korban merasa mual dan muntah-muntah.

Personel Polsek Padang Tualang yang mendapatkan informasi, kemudian menuju ke lokasi dan melakukan pengecekan. Hasilnya, petugas menemukan salah satu campuran makanan yang disuguhkan jenis nata decoco sudah kadaluwarsa sejak 13 September 2020 lalu. 

Ini Alasan Edy Rahmayadi Ingin Maju di Pilgub Sumut 2024 Lewat PDIP

"Untuk penyelidikan lebih lanjut, kami kemudian mengamankan sejumlah barang bukti seperti empat botol sirup marjan, tiga bungkus plastik kosong nata decoco. Serta satu panci minuman yang sudah dicampur," jelas Tarmizi.

Selain itu, petugas kepolisian melakukan penyeledikan untuk mengetahui persis penyebab peristiwa keracunan tersebut. Dengan memintai keterangan korban dan pihak penyelanggara kegiatan buka puasa bersama tersebut.

Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman.(dok Pemko Medan)

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

Anak buah Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution, yakni Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman diputuskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024