Istri Awak KRI Nanggala Kenang Suami Cerita Kapal Selam Rusia Hilang

Berda Asmara, istri seorang kru kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan utara Bali, memperlihatkan foto diri bersama sang suami saat ditemui di rumahnya di Surabaya, Kamis, 22 April 2021.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Insiden hilangnya KRI Nanggala 402 di perairan utara Bali sejak Rabu, 21 April 2021, membuat anggota keluarga kru kapal selam nahas itu gundah. Mereka berharap kapal selam buatan Jerman itu segera ditemukan dan seluruh kru dalam kondisi selamat.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Salah satu kru yang berada di dalam KRI Nanggala 402 adalah Serda Mes Guntur Ari Prasetya. Di kapal itu, ia menjadi juru diesel. Istrinya, Berda Asmara, dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa).

Dihubungi wartawan pada Kamis, 22 April 2021, Berda menceritakan bahwa ia bertemu kali terakhir dengan suaminya pada 19 April 2021, sebelum berangkat bertugas untuk berlayar. Seperti biasa, oleh suaminya Berda diantar ke rumah orang tuanya dan pamitan.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Sebelum berangkat, kata Berda, suaminya tinggal di rumah mereka di  Jalan Candi Lontar Wetan, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur, selama lima hari, setelah berhari-hari berlayar. “Setiap pulang suami selalu menanyakan kabar saya dan anak,” ujarnya.

Berda mengaku kenal suaminya setelah lulus SMA. Ia menikah setelah kuliah semester dua. Sudah tiga belas tahun mereka berumah tangga dan dikarunia satu anak berusia delapan tahun. “Saat awal bekerja dahulu suami sudah memberi tahu saya tentang risiko kerjanya. Nunjukin video kapal selam Rusia yang hilang. Jadi mau tidak mau, siap tidak siap, ya, harus siap," katanya.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Namun, Berda tetap tak mampu menahan tangis ketika mengetahui informasi KRI Naggala 402 yang ditumpangi suaminya hilang kontak. Ia mengaku menerima informasi insiden itu usai berbuka puasa kemarin melalui grup para istri awak KRI Nanggala.

Berda berharap kapal yang diproduksi pada tahun 1979 itu segera ditemukan dan seluruh kru, termasuk suaminya, pulang dalam kondisi selamat. "Nunggu kabar resmi juga, mohon doanya supaya segera ada kabar," ujarnya.

Wakil Menteri Rertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov ditangkap atas kas

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Wakil Menteri Pertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov telah ditangkap karena dicurigai menerima suap, kata pejabat investigasi negara. Penahanan tingkat tinggi in

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024