Universitas Bakrie Peringkat 2 PTS Terbaik di Indonesia 

Anindya Bakrie Direktur Utama Bakrie and Brothers. (Foto/Dok/Universitas Bakrie)
Sumber :

VIVA – Universitas Bakrie berhasil menduduki peringkat ke dua, sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE). THE merupakan salah satu lembaga pembuat peringkat kampus di seluruh dunia.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Baru-baru ini, THE merilis daftar kampus terbaik di dunia, tahun 2021. Sebanyak 1.115 universitas sedunia dari 94 negara, masuk dalam pemeringkatan ini, termasuk kampus terbaik di Indonesia. 

Dalam pemeringkatan tersebut Universitas Bakrie berhasil masuk bersama 18 perguruan tinggi di Indonesia lainnya antara lain UI, ITB, ITS, UGM, IPB, Telkom University, dan sejumlah universitas lainnya. Berdasarkan perankingan ini, Universitas Bakrie ada di peringkat dua untuk kategori perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Anindya Bakrie and NOC Further Discuss 2024 Paris Olympics Preparations

“Alhamdulillah ini prestasi yang bagus untuk Universitas Bakrie. Sangat membanggakan, semoga menyemangati untuk lebih berprestasi lagi,” kata Wakil Keluarga Bakrie yang juga Direktur Utama Bakrie and Brothers Anindya Bakrie.

Photo :
Anindya Bakrie Rapat dengan NOC Prancis dalam Rangka Persiapan Olimpiade 2024

Anin, sapaan Anindya, mengatakan bahwa Universitas Bakrie adalah salah satu representasi kepedulian Bakrie terhadap pendidikan dan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Selama ini Universitas Bakrie juga banyak memberikan beasiswa kepada anak bangsa yang berprestasi dari berbagai penjuru tanah air. 

Selain itu, salah satu keunggulan Universitas Bakria adalah ada Kelompok Usaha Bakrie yang siap menjadi “laboratorium” bagi para mahasiswa untuk belajar. 

“Jadi gap antara lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri bisa diperkecil,” ujarnya.

Rektor Universitas Bakrie Prof. Sofia W. Alisjahbana mengungkapkan bahwa THE Impact Rankings 2021 dinilai setidaknya dalam empat aspek, yaitu pengajaran, pengelolaan, penelitian, dan pengabdian. Selain itu, THE juga mengukur kontribusi  perguruan tinggi berdasarkan 17 SDGs yang ditetapkan oleh PBB.

Photo :

“Untuk kriteria SDG 4 Quality Education, Universitas Bakrie meraih posisi ke-4 untuk Perguruan Tinggi Se-Indonesia bersama Universitas Sebelas Maret, UI, dan ITB. Dan untuk kriteria SDG 13 Climate Change,  Universitas Bakrie berada pada peringkat 4 Perguruan Tinggi Se-Indonesia bersama UNDIP, IPB, dan UNPAD,” ungkapnya.

Sofia menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh sivitas Universitas Bakrie atas raihan ini. Sebagai bagian dari Bakrie Group, pencapaian Universitas Bakrie ini juga atas dukungan Industri di dalam Kelompok Usaha Bakrie, yang telah terlibat aktif dalam proses pengajaran, penelitian, pengembangan training, beasiswa, dan program link and match antara perguruan tinggi dan industri.

Photo :

“Capaian ini tentunya turut mencerminkan meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Universitas Bakrie sebagai salah satu Indonesia Leading City Campus yang menerapkan metode pembelajaran Experiencial Learning. Kami berharap capaian ini dapat menjadi pemicu lahirnya prestasi-prestasi selanjutnya oleh seluruh sivitas Universitas Bakrie,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya