Kabinda Brigjen Putu Gugur, Bukti BIN Proaktif Jaga Keamanan Papua

Pengamat Intelijen dan Militer, Susaningtyas Kertopati
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (KabindaPapua Brigjen TNI I Gusti Putu Dani Nugraha Karya gugur usai baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pada hari ini, Minggu, 25 April 2021.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Pengamat Intelijen dan Militer, Susaningtyas Kertopati menyebut, gugurnya Kabinda Brigjen Putu menandakan BIN bersikap proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan Papua.

“Patut diapresiasi semua ini karena Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan serius dalam penanganan Papua agar tetap menjadi bagian NKRI,” kata Susaningtyas kepada VIVA, Minggu, 25 April 2021.

MK Pertimbangkan Hadirkan Kapolri dan Kepala BIN dalam Sidang Sengketa Pilpres

Nuning, panggilan akrabnya menuturkan, gugurnya Kabinda Papua beberapa jam lalu adalah sebagai pahlawan kusuma bangsa membela persatuan kesatuan Indonesia.

“Kabinda Papua dalam rangka menjalankan tugas pemulihan keamanan paska gangguan keamanan kepada masyarakat di Beoga Puncak. Semoga husnul khotimah,” katanya.

DPR dan BIN Bahas Potensi Gangguan saat Idul Fitri dan Pilkada 2024

Dalam kesempatan ini, Nuning pun menyampaikan kronologisnya tewasnya Kabinda Papua Brigjen Putu. Pada hari Minggu, 25 April 2021, Satgas BIN Bersama dengan Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet Distrik Beoga, Kabupaten Puncak dalam rangka observasi lapangan dan pengejaran bersama Pasukan TNI-Polri untuk pemulihan keamanan di sekitar SDN Dambet dan Honai Milik Benert Tinal (Kepala Suku Distrik Beoga), yang dibakar pada tanggal 17 April 2021 serta untuk memotong pergerakan KKB ke Illaga.

“Sekira pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dihadang oleh Pok KSP sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet Distrik Beoga Kabupaten Puncak,” katanya.

Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan gugur sebagai kusuma bangsa.

“Saat ini sedang dilakukan evakuasi dan besok pagi direncakan Jenazah akan dibawa ke Timika,” katanya.

Baca juga: Detik-detik Kabinda Papua Brigjen Putu Tewas Ditembak KKB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya