Kedatangan AHY Bakar Semangat Paslon PSU Pilkada di Kalsel

Ketum Demokrat hasil Kongres V Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Kalimantan Selatan, untuk menyemangati dua pasangan calon (paslon) kepala daerah di provinsi tersebut yang harus pemungutan suara ulang (PSU).

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

"Sebagai partai politik (Parpol) saya kira wajar minimal memberikan spirit atau dukungan secara moril kepada paslon yang kita usung," ujarnya menjawab ANTARA Kalsel saat temu wicara dengan wartawan di Banjarmasin, Senin.

"Kedua paslon tersebut sengaja tidak saya ikutkan dalam temu wicara ini, khawatir kalau mengundang fitnah," lanjut putra sulung Presiden ke-6 Republik Indonesia, H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Ia berharap, kedatangannya ke Kalsel dalam rangkaian Safari Ramadhan 1442 Hijriah dapat mendorong kemenangan kedua paslon kepala daerah tersebut.

"Dari sejumlah paslon kepala daerah yang melaksanakan Pilkada Tahun 2020 di Indonesia sekitar 50 persen yang diusung Demokrat menang (belum termasuk dua Paslon di Kalsel yang PSU)," ungkapnya.

Mendagri Minta Pj Kepala Daerah Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

"Kita berharap dua paslon di Kalsel yang PSU juga menang. Kalau menang berarti lebih 50 persen usungan Demokrat memperoleh kemenangan," demikian AHY.

Kedua paslon kepala daerah di Kalsel yang PSU dari dukungan Demokrat yaitu tingkat provinsi atas nama H Denny Indrayana berpasangan dengan H Defri Derajat disingkat H2D nomor urut dua (2).

Kemudian yang memperebutkan Wali Kota/Wakil Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina (petahana) berpasangan dengan H Ariffin Noor.

Pelaksanaan PSU tingkat provinsi direncanakan 9 Juni 2021 atau paling lambat 60 hari kerja sejak Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia 19 Maret lalu. Untuk Banjarmasin paling lambat 30 hari kerja terhitung sejak Putusan MK 22 Maret lalu.

Pada Pilgub/Pilwagub Kalsel 2020 ada dua paslon masing-masing H Sahbirin Noor (petahana) bersama mantan Wali Kota Banjarmasin H Muhidin dengan singkatan BirinMu nomor urut satu (1), dan Denny Indrayana - H Defri Derajat.

Sedangkan di Kota Banjarmasin ada empat Paslon Wali Kota/Wakil Wali Kota masing-masing Ibnu Sina - Ariffin Noor, Hj Ananda - H Mushsaffa Zakir, H Abdul Haris - Ilham Noor, serta satu paslon jalur perseorangan/independen H Khairul Saleh - Habib Muhammad Ali.(Antara/Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya