Polri Identifikasi Kelompok di Puncak Pembunuh Kabinda Papua

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, Polri telah mengidentifikasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menembak Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

“Itu sudah teridentifikasi kelompok yang main di wilayah Puncak. Kita tunggu perkembangannya saja,” kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta pada Senin, 26 April 2021.

Namun Rusdi tidak bisa menyebutkan identitas kelompok yang menembak mati Brigjen TNI Danny Putu. Sebab jika diungkap kata dia akan mengganggu proses anggota yang beroperasi di lapangan.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

“Nanti akan mempengaruhi proses itu. Tapi dari aparat keamanan telah dapat identifikasi kelompok yang melakukan aksinya selama ini di Wilayah Kabupaten Puncak,” ujarnya.

Kata Rusdi, Polri ikut berduka cita yang mendalam atas gugurnya prajurit TNI Angkatan Darat Brigjen Putu Danny saat melaksanakan tugas di Papua.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

“Kita semua mendoakan semoga arwah almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa,” kata dia.

Pada hari Minggu, 25 April 2021, Satgas BIN dengan Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet Distrik Beoga, Kabupaten Puncak dalam rangka observasi lapangan. Pengejaran bersama pasukan TNI-Polri disebut dilakukan untuk pemulihan keamanan di sekitar SDN Dambet dan Honai Milik Benert Tinal (Kepala Suku Distrik Beoga) yang dibakar pada tanggal 17 April 2021 serta untuk memotong pergerakan KKB ke Illaga.

Saat melakukan perjalanan itu, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri dilaporkan diadang oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sekira jam 15.50 WIT. Aksi baku tembak terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

Akibat kontak tembak tersebut, mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus ke bagian depan kepala. Tembakan itu menewaskan Brigjen Danny Nugraha.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya