Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Yogyakarta

Peta lokasi gempa Gunungkidul, Yogyakarta.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi magnitudo 4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Selasa pagi, pukul 10.22.59 Wib.

Gempa Garut Terasa hingga Bandung, BMKG: Jenis Menengah dan Tak Berpotensi Tsunami

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.740 LS dan 110.26843 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km BaratDaya Gunung Kidul pada kedalaman 24 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia," kata Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta, Ikhsan dalam keterangannya, Selasa, 27 April 2021.

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Dampak guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Gunung Kidul, Bantul, Sleman dan Wonogiri II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 10.45 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Ilustrasi Gempa Bumi.

Deretan Langkah Efektif Meyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi Terjadi

Indonesia, berada dalam kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire, merupakan negara yang sering mengalami bencana alam, termasuk gempa bumi. Ini cara selamatkan diri

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024