Baru Sehari, Donasi Pembelian Kapal Selam Terkumpul Rp360 Juta

Anak-anak TPA Masjid Jogokariyan Yogyakarta mengumpulkan donasi kapal selam
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Takmir Masjid Jogokariyan membuka rekening untuk pengumpulan dana pembelian kapal selam baru untuk menggantikan KRI Nanggala 402.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Ustaz Muhammad Jazir mengatakan ide penggalangan dana untuk membeli kapal selam baru ini muncul justru dari Himpunan Anak-anak Masjid (Hamas) Jogokariyan.

Jazir menceritakan saat ramai pemberitaan musibah tenggelamnya KRI Nanggala 402, pengurus dan jamaah masjid Jogokariyan berdiskusi untuk memberikan santunan kepada keluarga awak kapal KRI Nanggala 402.

Kesalahan Ini Banyak Dilakukan Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

"Di sela diskusi, ada anak-anak yang tanya. Berapa harga kapal selam. Saya jawab kalau harga kapal selam PT. PAL Alugoro Rp1,5 triliun. Ini sangat bisa dibeli jika banyak orang terketuk hatinya," kata Jazir, Selasa 27 April 2021.

Jazir menuturkan usai diskusi itu, Minggu 25 April 2021, anak-anak TPA Hamas ini pun turut ke jalan di sekitaran Pasar Sore Kampung Ramadhan Jogokariyan. Dalam waktu sebentar, anak-anak TPA ini mengumpulkan uang Rp6,5 juta untuk donasi pembelian kapal selam.

RI Bangun Kapal Selam Sekelas Scorpene, Pengamat: Langkah Maju Pertahanan di Sektor Maritim

"Dalam dua jam terkumpul Rp6,5 juta untuk pembelian kapal selam. Kami kumpulkan malam lagi kemudian menjadi Rp15 juta dan kami berikan untuk keluarga awak kapal KRI Nanggala 402," tutur Jazir.

"Donasi sudah kita serahkan ke Danlanal Yogyakarta dengan rincian Rp15 juta untuk keluarga kru kapal selam KRI Nanggala dan Rp6,5 juta untuk kapal selam," sambung Jazir.

Usai donasi keliling itu, kata Jazir, pihak takmir pun membuka rekening untuk donasi pembelian kapal selam pada Senin 26 April 2021. Kemudian dibuat poster dan diunggah di media sosial tentang donasi pembelian kapal selam ini.

Jazir menuturkan respon masyarakat terhadap donasi pembelian kapal selam ini dinilai cukup tinggi. Sejak Senin 26 April 2021 hingga Selasa 27 April 2021 siang telah terkumpul Rp 360 juta.

"Sampai ini tadi jam 12 sudah mencapai Rp360 juta. Mudah-mudahan sore ini sudah Rp400 juta," tutup Jazir.

Sebelumnya, ulama kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) mengunggah sebuah informasi dari salah satu masjid di Yogyakarta yang mengagas pembelian kapal selam baru. Ini dilakukan setelah adanya tragedi kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali beberapa hari lalu.

Dikutip VIVA dari akun Instagram @ustadzabdulsomad_official, Selasa 27 April 2021, UAS mengajak rakyat Indonesia untuk berdonasi pembelian kapal selam baru tersebut. 

Simak pesan yang disampaikan UAS dalam tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya