BPBD : 16 Daerah di Jabar Serentak Diserang Gempa

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang Sukabumi Jawa Barat
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mencatat gempa pada Selasa 27 April 2021 di Kabupaten Sukabumi yang berkekuatan 5,6 Skala Richter terasa serentak di 15 daerah. Getaran gempa itu bahkan hingga menyebabkan kerusakan rumah warga.

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

Kepala Seksi (Kasie) Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Hadi Rachmat menjelaskan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Gempa bumi Magnitude 5,6 SR. Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah, tidak berpotensi tsunami," ujar Hadi dalam pesan singkatnya, Rabu 28 April 2021.

Gunung Karangetang Berstatus Waspada, PVMBG Imbau Radius 1,5 Km Harus Steril dari Warga

Adapun 15 daerah yang terkena gempa secara serentak itu di antaranya Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kota Depok, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, akibat gempa tersebut, sebagian rumah warga mengalami rusak di Kampung Babakan Desa Palasari Kecamagqn Cijeruk Kabupaten Bogor yang di antaranya satu rumah rusak sedang, lima rumah rusak ringan dan 35 jiwa terdampak.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

"Di Kampung Linggaresmi Desa Bantargadung Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi dua rumah rusak berat, 35 jiwa terdampak," kata dia.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024