Cegah Pemudik, Penyekatan di Jateng Diperbanyak hingga 'Jalan Tikus'

Polda Jateng lakukan penyekatan di 14 titik halau pemudik (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Dinas Perhubungan Jawa Tengah terus melakukan antisipasi terhadap perkembangan pergerakan arus kendaraan di perbatasan. Langkah itu untuk menjaring warga yang nekat mudik masuk ke wilayah Jawa Tengah. Pos-pos penyekatan pun ditambah hingga "jalan tikus" yang memungkinkan pemudik nekat menembus perbatasan.

Temui Gubernur Kalbar, Benny Singgung Banyak 'Jalur Tikus' Sindikat PMI Ilegal

Menurut Plt. Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro, sebelumnya ada 14 titik di pintu masuk utama yang disiapkan untuk posko penyekatan. Pada perkembangannya, titik-titik tersebut ditambah hingga ke jalan-jalan kecil di sepanjang perbatasan.

"Di perbatasan Jateng-Jabar itu ada beberapa pintu masuk utama seperti Jembatan Cisanggarung dan exit tol Pejagan. Itu di Pejagan kita sapu, yang tak memenuhi syarat langsung disuruh putar balik," ujarnya.

Mudik di Desa Penari

Dia menambahkan, "Namun masih ada jalan-jalan lain yang kecil-kecil atau istilahnya jalan tikus. Nah, kita siapkan petugas berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi lain untuk bergerak jika ada laporan terkait pemudik yang nekat mencari celah."

Selain itu, lanjutnya, kalaupun lolos di perbatasan, nanti setiap kabupaten dan kota itu ada lagi penyekatan.

Polisi Solo Aktifkan Satgas Jogo Tonggo Pantau Pemudik

"Kalau data yang kita dapat dari Polda, ada sekitar 89 titik pos yang tersebar di kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang selain untuk penyekatan, juga untuk sosialisasi kepada warga terkait upaya menekan COVID-19," tambahnya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno (tvOne/ Semarang, Jateng)

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengecek pengamanan arus mudik

Strategi Kombes Latif dan Anak Buah Buat Lancar Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan sejumlah strategi guna mengamankan arus mudik libur natal dan tahun berjalan aman, lancar dan kondusif.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2023