PON XX, KSP Moeldoko Sebut Bukti Perhatian Jokowi ke Papua Besar

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.
Sumber :
  • Dok. KSP

VIVA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, menyampaikan bahwa sejak dulu perhatian pemerintah terutama Presiden Joko Widodo terhadap pembangunan di Papua, sangat besar. Termasuk penyelenggeraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar di sana.

Pj Gubernur Sumut Terus Ajak Masyarakat Sukseskan PON 2024

Moeldoko menjelaskan, sejak Papua menjadi tuan rumah PON XX, pemerintah telah melakukan pembangunan berbagai venue baru. Bahkan terbilang cukup moderen. Ini menjadi sejarah baru dalam pembangunan di provinsi paling timur Indonesia tersebut. 

"Ini bukti komitmen pembangunan Indonesia sentris yang dicanangkan Presiden, dimana Tanah Papua menjadi prioritasnya," kata Moeldoko dalam keterangannya saat memberi sambutan pada Gathering Sponsorship PON XX 2021 Papua di Hotel Mulia Jakarta, Jumat 30 April 2021.

Persiapan PON 2024 On The Track, Ini Pesan Pj Gubernur Sumut ke OPD

Baca juga: KRI Nanggala 402 Perang dan Ditembak Kapal Asing, Dispenal: Hoax

Bagi Presiden, lanjut Moeldoko, pelaksanaan PON bersamaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Papua adalah penguatan jati diri bangsa Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai ke Merauke, dari Asia sampai ke Pasifik, dari tanah Melayu sampai ke kepulauan Melanesia.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Pelaksanaan dua ajang olahraga itu, jelasnya tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan di Bumi Cendrawasih.

"Ini karena kita sudah siap, dan persiapan yang kita lakukan sudah luar biasa," kata mantan Panglima TNI itu.

Keseriusan, perhatian, dan afirmasi Presiden Jokowi disebut Moeldoko juga disampaikannya dalam tiga rapat terbatas hingga sidang kabinet yang secara khusus membahas PON. 

Rapat yang begitu detail, lanjut Moeldoko, juga diikuti terbitnya tiga Instruksi Presiden yang berkaitan dengan PON dan percepatan pembangunan Papua.

Singkatnya, jelas dia, dalam sejarah penyelenggaraan PON sejak 1948, belum ada PON yang mendapat perhatian sangat luar biasa dari seorang Kepala Negara.

Moeldoko menegaskan, pihaknya pula telah menugaskan tiga tim untuk terjun langsung ke tiga wilayah di Papua, yakni Jayapura, Mimika dan Merauke pada bulan ini. Tiga tim itu bertugas untuk memonitor perkembangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX secara langsung.

"Saya dan jajaran Kantor Kepala Staf Kepresidenan akan terus mengawal PON sampai tuntas," tegas Moeldoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya