Penjelasan Polisi Soal Sita Pembersih Toilet di Eks Markas FPI

Aparat TNI-Polri mendatangi eks markas FPI di Petabumburan, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus.

VIVA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengakui, kepolisian saat melakukan penggeledahan di bekas markas Front Pembela Islam (FPI) Petamburan, menemukan sejumlah barang bukti termasuk cairan pembersih toilet.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

“Pada saat ditemukan banyak barang bukti, diantaranya ada pembersih toilet. Jadi bukan semua barang tersebut pembersih toilet. Ini botol yang diisi dengan bahan, salah satunya pembersih toilet,” kata Ramadhan di Mabes Polri Jakarta, pada Jumat, 30 April 2021.

Namun, Ramadhan tidak bisa menyebutkan jenis-jenis cairan barang bukti yang ditemukan saat dilakukan penggeledahan. Karena, kata dia, dikhawatirkan akan ditiru oleh masyarakat untuk melakukan hal sama.

Aiman Senang Kasus Soal Aparat Tak Netral Disetop, HP Diambil ke Polda Metro

Baca juga: Densus 88 Tangkap 11 Terduga Teroris Terkait Bom di Makassar

“Kami tidak ngajarin orang untuk buat itu ya. Paham ya. Jadi nama-namanya tidak usah disebutkan, nanti kita mengajari orang,” jelasnya.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Menurut dia, cairan yang ditemukan dalam botol ternyata mengandung triacetone triperoxide (TTAP). Dimana, bahan kimia ini bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan bom. Selain itu, bahan kimia yang ditemukan dapat dijadikan bahan peledak seperti bim molotov hingga bom trinitrotoluena (TNT).

“Hasil identifikasi Tim Puslabfor menyimpulkan bahwa barang yang ditemukan adalah bahan kimia berpotensi yang digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan bahan peledak TATP,” jelas dia.

Bom peninggalan perang dunia ke II saat hendak diledakkan

Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

Pangkalan TNI Angkata Udara Lanud Silas Papare meledakkan satu unti bom peninggalan dari Perang Dunia II di Hollandian Drome Lanud Silas Papare. pada Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024