Mudik Lebih Awal, Seribu Lebih Penumpang Kapal Kelud Tiba di Belawan

Sejumlah orang penumpang kapal Kelud yang ditengarai sebagai pemudik tiba di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin, 3 Mei 2021.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – PT Pelni Kota Medan mencatat 1.144 orang penumpang kapal Kelud yang ditengarai sebagai pemudik tiba di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin, 3 Mei 2021.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Seribu lebih penumpang moda transportasi laut itu, menurut Pelni, berasal dari ?Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dan sisanya dari Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Bagian Operasi PT Pelni Medan Harbin Simamora menjelaskan, perusahaannya kali terakhir melayani pelayaran untuk mengangkut penumpang pada Selasa, 4 Mei 2021, dengan tujuan keberangkatan menuju Kota Batam. Selanjutnya hingga 11 Mei Pelni akan melayani pengangkutan barang atau logistik saja.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Belawan, aparat gabungan TNI dan Polri menjaga ketat dan mengimbau masyarakat atau penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Seorang penumpang kapal Kelud, Zuraidah, mengatakan selama melakukan pelayaran dengan kapal itu dia selalu menerapkan protokol kesehatan dengan mengatur jarak untuk menekan penyebaran COVID-19.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

"Dari awal keberangkatan, semua penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan serta melampirkan surat kesehatan yang menyatakan bebas dari COVID-19," ujarnya.

Direktorat Polairud Polda Sumut berhasil menggagalkan penyeludupan puluhan PMI ilegal.(dok Polda Sumut)

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Kapal nelayan pengangkut sebanyak 24 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal, berhasil diamankan oleh Direktorat Polairud Polda Sumut

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024