Johnny Plate Minta Jenderal Sigit Kawal Pembangunan Jaringan 4G

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menkominfo Johnny G Plate
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri pada Selasa, 4 Mei 2021. Dalam pertemuan tersebut, Johnny minta dukungan Polri untuk membangun infrastruktur digital di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

“Saya mendatangi dan menjumpai Bapak Kapolri, Bapak Sigit diskusi untuk menerjemahkan secara teknis program-program dan kebijakan Presiden di sektor kominfo,” kata Johnny di Mabes Polri.

Secara spesifik, kata dia, pertemuan dengan Jenderal Sigit terkait rencana Kominfo membangun infrastruktur TIK di wilayah 3T melalui BLU Bakti Kominfo. Menurut dia, masyarakat harus migrasi ke ruang digital, sehingga perlu dibangun infrastruktur digital TIK yang memadai ke seluruh Tanah Air.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

“Kominfo berharap dukungan personel yang kuat dari Polri yang tersebar di Tanah Air jadi modal kuat kolaborasi pembangunan TIK untuk kepentingan masyarakat dan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Dalam pembangunan, kata dia, tentu banyak kerja sama yang dibangun baik lintas kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah dan ekosistemnya. Maka, ia diskusi dengan Kapolri untuk bagaimana kerja sama memastikan pelaksanaan pembangunan berjalan lancar di wilayah kerja Kominfo seluruh Indonesia.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

“Kita tidak bisa hindari kebutuhan infrastruktur TIK makin tinggi dan diperlukan masyarakat enggak hanya di wilayah urban, tapi secara khusus juga di wilayah kampung-kampung, desa-desa, rural area. Tentu tantangannya banyak termasuk kamtibmas,” jelas Johnny Plate.

Dengan dukungan Polri, lanjut dia, mudah-mudahan saja Kominfo bisa menyelesaikan pembangunan infrastruktur di setiap desa wilayah Indonesia pada 2022 melengkapi seluruh 83.548 desa dan kelurahan Indonesia dengan kehadiran sinyal 4G.

“Kerja sama ini tentu sangat strategis dan penting untuk kelancaran pembangunan infrastruktur TIK di wilayah-wilayah sulit, berat dan 3T yang harus menyeberangi lautan, selat mendaki gunung, menuruni lembah dan ngarai yang luar biasa tantangannya. Kerja sama ini akan sangat membantu suksesnya program pembangunan TIK nasional,” jelas dia.

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan Polri siap mendukung seluruh program dari Menteri Kominfo untuk membangun infrastukrtur TIK agar bisa terwujud memberi pelayanan bagi masyarakat di seluruh wilayah.

“Sehingga, memiliki kemampuan sama, fasilitas sama seperti masyarakat di wilayah perkotaan,” kata Sigit.

Apalagi, kata Sigit, seluruh negara sekarang mengalami pandemi COVID-19. Sehingga, kebutuhan masyarakat untuk menyesuaikan dari yang biasa offline menjadi online.

“Jadi satu kebutuhan yang didukung dengan kemajuan teknologi informasi baik pendidikan, ekonomi, kesehatan dan hal lain. Ya mau enggak mau perlu penyesuaian. Prinsipnya, hal-hal penegakan aturan di ruang siber harus kita jaga bersama sebagai bagian dari upaya untuk tetap menjaga negara kita tercinta,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya