Awasi Langsung Larangan Mudik, Puan Minta Pemerintah Konsisten

Ketua DPR Puan Maharani
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, akan meninjau beberapa titik penyekatan menyusul aturan larangan mudik mulai diberlakukan pada Kamis besok 6 Mei 2021.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Peninjauan dilaksanakan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hari ini Rabu 5 Mei 2021. Kunjungan kerja Puan ke Cirebon untuk menjalankan tugas DPR RI dalam mengawasi aturan terkait mudik lebaran 2021.

Kunjungan kerja di Cirebon diawali di Polres Cirebon, dengan agenda pemaparan Kakorlantas tentang skenario pelarangan mudik. Setelah itu, Puan bersama Menhub Budi Karya Sumadi akan meninjau terminal dan stasiun di Cirebon. 

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Baca juga: Pelabuhan Merak Sepi setelah Sempat Membludak Jelang Larangan Mudik

“Kunjungan ini dalam rangka menjalankan tugas pengawasan terhadap aturan mudik lebaran. Kami berharap aturan benar-benar dilaksanakan secara adil, demi kebaikan kita bersama," kata Puan, dalam keterangannya, Rabu 5 Mei 2021.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Puan meminta pemerintah konsisten terhadap kebijakan yang diambil, terkait pengendalian mobilitas warga pada masa mudik lebaran untuk mencegah penyebaran COVID-19. Menurutnya, konsistensi penerapan kebijakan di lapangan harus dilakukan untuk mencapai hasil yang diharapkan. 

Agar dapat konsisten dalam pelaksanaan dan pengawasannya, Puan meminta mekanisme harus disiapkan sejalan dengan menyiapkan sumber daya pendukungnya. Jangan sampai aturan larangan mudik dibuat namun mekanismenya tidak disiapkan.

"Larangan aktivitas mudik harus adil dan konsisten, maka harus disiapkan mekanisme dan sumber daya pendukungnya," ujar Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu, juga meminta pemerintah menyiapkan mekanisme detail terkait larangan mudik lebaran agar tidak memunculkan kebingungan di masyarakat. Dia berharap masyarakat dapat sama-sama memahami dan menahan diri, untuk tidak mudik demi mencegah penularan COVID-19.

"Mengatasi penyebaran COVID-19 sekaligus menjaga geliat perekonomian memang tidak mudah. Di sinilah pentingnya aturan dilaksanakan dengan mekanisme yang detail, konsisten, dan adil," jelasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya