Jelang Larangan Mudik, Dinkes Gelar Tes GeNose di Terminal dan Stasiun

Dinkes Kota Tangerang gelar tes GeNose di Terminal Poris jelang masa larangan mudik.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA – Jelang larangan mudik yang mulai diberlakukan besok, 6 Mei 2021, Dinas Kesehatan Kota Tangerang pun melakukan pengecekan ke Terminal Poris Plawad dan Stasiun Tangerang, Rabu, 5 Mei 2021.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Pengecekan itu untuk melihat penerapan aturan Surat Edaran Satuan Tugas COVID-19 terkait dengan kewajiban setiap penumpang atau masyarakat yang wajib membawa hasil tes pengecekan COVID-19 bila hendak berpergian ke luar kota.

Tidak hanya pengecekan, pihak Dinkes juga melakukan tes COVID-19 melalui GeNose kepada pada penumpang.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi mengatakan, tes GeNose akan digencarkan atau dilakukan secara masif hingga beberapa pekan ke depan dan akan menyasar tempat-tempat keramaian.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)
Arus Balik Mudik Lebaran, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Meningkat 7 Persen

"Tahap pertama menyasar 200 peserta, mulai dari penumpang, masinis hingga para sopir bus. Jika kedapatan peserta positif, kita akan langsung mengirim yang bersangkutan ke puskesmas terdekat untuk dilakukan swab PCR, hingga tindakan isolasi di rumah isolasi yang tersedia. Lalu yang selanjutnya akan menyasar seperti pusat perbelanjaan, pasar dan tak menutup kemungkinan ke RW zona merah," katanya.

Baca juga: Terkuak Panggilan Khusus Habib Rizieq oleh Tahanan Bareskrim

Dijelaskannya, tes GeNose memiliki keakuratan hingga 90 persen, dan memiliki proses tes COVID-19 yang cukup cepat. Hanya dengan kurang lebih tiga menit, peserta sudah mengetahui hasil tes COVID-19.

Tidak hanya itu, tes yang dilakukan dengan metode GeNose tersebut dilakukan secara gratis atau cuma-cuma.

"Karena ini gratis, maka Dinkes berharap masyarakat yang diajak untuk tes GeNose dapat proaktif dan tidak panik. Tes GeNose bisa menjadi gerakan kerjasama kita semua, untuk mempercepat screening, dan pemutusan rantai penyebaran virus COVID-19," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya