Novel KPK Tak Lolos ASN? Hendardi Setara Yakin Panitia Objektif

Ketua Setara Institute, Hendardi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Ketua Setara Institute Hendardi tak sepakat bila Pasal 24 Undang Undang Komisi Pemberantasan Korupsi hasil revisi disebut bisa membuat integritas pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi melemah karena akan dikontrol oleh pemerintah.

Walkot Depok Pastikan THR untuk ASN Cair Hari Ini

Pasal itu diketahui menetapkan status kepegawaian lembaga harus aparatur sipil negara (ASN). Hendardi mengatakan, alih status pegawai KPK jadi ASN harusnya adalah hal yang biasa dan sebenarnya tidak perlu menjadi perdebatan.

“Kabar tidak lolosnya sejumlah pegawai KPK dalam alih status menjadi ASN adalah hal biasa dan tidak perlu memantik perdebatan,” ujar Hendardi kepada wartawan pada Rabu 5 Mei 2021.

ASN di 12 Pemda Sudah Terima THR, Segini Jumlahnya

Ia menilai, kabar sejumlah pegawai KPK tak lolos dalam tes tidak perlu jadi polemik termasuk penyidik senior KPK Novel Baswedan. Hendardi mengatakan dirinya meyakini tes yang dilakukan oleh panitia penyelenggara menjadikan pegawai KPK jadi ASN sudah memenuhi prosedur.

“Test ASN biasa dilakukan secara kuantitatif dan objektif termasuk biasanya menggunakan vendor pihak ketiga,” kata dia.

Mendagri Sebut 240 ASN Terbukti Langgar Aturan Netralitas di Pemilu 2024

Sebelumnya diinformasikan, KPK segera mengumumkan hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawainya dalam proses alih status menjadi ASN sebagai bentuk transparansi. Beberapa nama penyidik dan penyelidik internal KPK kabarnya tak lolos seleksi tersebut. Salah satu yang muncul adalah Novel Baswedan.

"Saat ini hasil penilaian asesmen TWK (tes wawasan kebangsaan) tersebut masih tersegel dan disimpan aman di Gedung Merah Putih KPK yang akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai bentuk transparansi kepada seluruh pemangku kepentingan KPK," kata Sekjen KPK Cahya H. Harefa.

KPK telah menerima hasil tes wawasan kebangsaan tersebut dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) bertempat di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Selasa 27 April 2021.

Sementara Ketua KPK Firli Bahuri pada Rabu petang membenarkan bahwa ada 75 nama pegawai KPK yang dinyatakan tak lulus seleksi TWK namun dia tak menyebutkan nama-nama yang dimaksudkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya