Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Gunung Sinabung Erupsi
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya, dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari atas puncak gunung, Kamis, 6 Mei 2021 siang.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Telah terjadi erupsi pada pukul 11.19 WIB, dengan tinggi abu kolom mencapai 2.000 meter," ujar Petugas Pos Pemantau Gunung Api Sinabung Armen Putra kepada wartawan, Kamis, 6 Mei 2021 siang.

Armen menjelaskan, untuk kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong mengikuti angin ke arah timur. "Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 66 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 19 detik," kata Armen.

Gunung Ruang Erupsi, 4 Penerbangan dari Soetta Menuju Manado Dibatalkan

Sementara itu, Gunung Sinabung tersebut masih berada pada status level III atau siaga. Armen mengimbau kepada masyarakat, yang sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," kata Armen. 

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Jika terjadi hujan abu, Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Kemudian mengamankan sarana air bersih, serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," kata Armen.
 

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Ribuan jiwa dievakuasi imbas erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024