Kendaraan Pelat Jakarta Terpantau Lintasi Tol Kalikangkung Semarang

Petugas periksa kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Sutrisno

VIVA – Hari pertama pemberlakuan larangan mudik, arus kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang terpantau landai. Hal ini tidak seperti prediksi sebelumnya terkait puncak arus mudik akan terjadi pada Rabu malam hingga Kamis pagi tadi.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Meski sudah diberlakukan aturan larangan mudik,  kendaraan luar kota termasuk Jakarta masih terpantau melintas di Gerbang Tol Kalikangkung.

Kepala Pos Pam Kalikangkung, AKP Wahono mengatakan, di hari pertama larangan mudik, arus lalu lintas dari Jakarta atau daerah lain yang masuk Semarang terlihat landai. Arus lalin didominasi oleh angkutan barang.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Sejak tadi sampai siang ini, kondisinya landai. Tidak ada peningkatan. Kendaraan pelat luar Jawa Tengah semuanya dihentikan dan diperiksa," kata Wahono, Kamis, 6 Mei 2021.

Dia menjelaskan pemeriksaan terhadap pengendara dilakukan untuk mengecek dalam perjalanan mudik atau bukan.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 juta, Airlangga: Ada Andil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

"Yang masuk dari luar kota tadi persyaratannya komplet sehingga diperbolehkan jalan. Kalau ada yang tidak komplet, pasti saya putar balik. Sampai hari ini, belum ada kendaraan yang saya putar balik," ujar Wahono.

Pun, ia menyebut persyaratan itu antara lain membawa surat tugas bagi yang melakukan perjalanan dinas, serta menunjukkan hasil tes negatif COVID-19.

Dari pantauan, beberapa kendaraan pelat nomor Jakarta juga terlihat masuk gerbang tol. Saat diperiksa, ternyata pengendaranya memiliki KTP asli Pekalongan dan sedang melakukan perjalanan ke Semarang.

Laporan: Teguh Sutrisno-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya