Gibran Siapkan Hotel Berbintang Karantina Pemudik ke Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyiapkan salah satu hotel berbintang di Solo yang bakal difungsikan sebagai tempat karantina bagi pemudik. Keberadaan hotel tersebut menjadi pilihan alternatif tempat karantina selain eks bangunan tempat perakitan mobil Esemka di Solo Techno Park (STP).

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

"Techno Park sudah siap. Hotelnya juga sudah siap. Pokoknya sudah siap semuanya," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah pda Kamis, 6 Mei 2021.

Menurut dia, hotel yang difungsikan sebagai tempat karantina untuk sementara hanya satu hotel. Hotel tersebut merupakan salah satu hotel berbintang yang terletak di pusat Kota Solo.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Sementara satu (hotel) dulu lah. Harapanya kan nggak terlalu banyak. Tapi kami siap jika amit-amit ada ledakan (pemudik)," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani menambahkan, pengelola yang telah mengajukan hotelnya sebagai tempat karantina yakni Hotel Ibis Ibis Solo. Ia pun tidak menutup kemungkinan hotel yang difungsikan sebagai tempat karantina akan bertambah.

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

"Hotel-hotel yang lain untuk menjadi tempat karantina boleh tapi mengajukan proposal dulu. Nanti SOP-nya akan kita cek," ujar Ahyani.

Meskipun karantina dilakukan di sebuah bangunan hotel namun Ahyani yang juga Ketua Pelaksana Satgas COVID-19 itu akan melakukan pengawasan dengan ketat terkait penerapan protokol kesehatan.

"Kalau yang pas tanggal 6 - 17 Mei itu akan kita monitor dengan ketat. Jadi di sana nanti ada satgas yang akan memonitor, jangan ada interkasi kunjung-kunjung dan sebagainya," ungkapnya.

Dua tempat karantina Solo Techno Park dan Hotel Ibis itu memang diperuntukkan bagi pemudik yang nekat pulang selama pemberlakuan kebijakan peniadan mudik. Nantinya para pemudik tersebut akan disodorkan dua pilihan tempat karantina, yakni antara Solo Techno Park atau bangunan hotel.

"Dari list masuk, kalau dia itu pemudik yang tetap mudik selama peniadaan mudik maka ditawari mau karantina yang difasilitasi pemkot atau mandiri di hotel. Kalau difasilitasi pemkot itu gratis di Solo Techno Park tapi kalau mau lebih nyaman di hotel ya bayar sendiri," kata dia.

Seperti diketahui Solo Techno Park yang disiapkan Pemkot Solo untuk menjadi tempat karantina pemudik merupakan bekas tempat perakitan mobil Esemka sewakt Presiden Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kini bangunan tersebut telah dijadikan sebagai tempat karantina pada momen Lebaran tahun ini dan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya