Larangan Mudik, Sudah 5 Ribu Kendaraan Digagalkan Polda Jabar

Penyekatan Mudik Lebaran 2021
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Jumlah kendaraan yang diputar balik terkait larangan mudik terus bertambah. Dari laporan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat, jumlah kendaraan yang diputar balik sudah lebih 6 ribu.

Aiman Senang Kasus Soal Aparat Tak Netral Disetop, HP Diambil ke Polda Metro

Polda Metro Jaya merinci sejak pukul 00.00 WIB, Kamis 6 Mei 2021 sampai malam ini sudah ada seribu lebih kendaraan nekat keluar Jakarta untuk mudik. Namun, mereka gagal dan diputar balik.

"Total yang diputar balik untuk PMJ 1.258,"kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Kamis 6 Mei 2021.

Kata Polres Jaksel soal Laporan Terhadap Connie Rahakundini Bakrie

Ribuan kendaraan ini diputar balik dari 31 titik penyekatan yang dibuat Polda Metro Jaya. 

Sementara itu, di Jawa Barat sendiri ada sebanyak 5.000 kendaraan yang diputar balik. Demikian disampaikan Wakapolda Jawa Barat, Brigadir Jenderal Polisi Eddy Sumitro. 5.000 kendaraan tersebut mayoritas berasal dari Jakarta. 

Buat Situs Palsu Iming-Iming Sertifikat Keturunan Nabi, Pelaku Ngaku Otodidak

"Keseluruhannya sekitar 17.000 lah yang diperiksa, ada 5.000 diputar balik sampai saat ini ya, mungkin nanti bisa bertambah. Dari Jakarta ya pokoknya yang melewati Jawa Barat," kata Eddy menambahkan.

Sebelumnya, 4.276 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dilibatkan dalam Operasi Ketupat Jaya 2021 yang digelar pada 6-17 Mei 2021. Operasi ini bertujuan untuk mencegah masyarakat melakukan tradisi mudik Lebaran. 

"Personel itu terdiri dari Polri, didukung TNI, maupun dari Pemda terutama dari Dishub, Satpol PP, Dinkes, dan Pemadam Kebakaran. Itu yang akan melaksanakan," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Marsudianto di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 4 Mei 2021. 

Dalam praktiknya, ribuan personel gabungan ini tersebar di 14 titik penyekatan dan 17 check point. Mereka tersebar pada 77 pos pengamanan di kawasan Jabodetabek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya