46 WN China Kembali Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Puluhan warga China tiba di Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • tvOne/Ahmad Rusdi

VIVA – Sebanyak 46 warga negara asing asal China kembali tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 6 Mei 2021. Dua hari sebelumnya, Selasa, 4 Mei 2021, sebanyak 85 orang WN China juga tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan pesawat carteran.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kedatangan puluhan warga negara China masuk ke Indonesia dalam beberapa hari ini menjadi ironi di tengah penerapan larangan mudik bagi masyarakat demi mencegah tingginya penularan virus Corona. 

Puluhan warga asing asal China itu masuk ke Tanah Air melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu. Ada 47 orang penumpang pesawat Xianmen Air 855 dari Fuzhou yang turun di Bandara Soetta, 46 diantaranya adalah WN China sedangkan 1 orang adalah WNI.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Setibanya di bandara, puluhan WN asing itu nampak berbaris dengan berjarak dan wajib mengikuti beberapa prosedur, seperti mengisi dokumen health alert card, pemeriksaan suhu tubuh, menunjukkan dokumen kesehatan tes swab PCR dengan hasil negatif dari negara asal dan wajib mengikuti karantina selama 5 hari ke depan.

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 13 Satgas Penanganan COVID-19 Tentang Perjalanan Orang dari Luar Negeri baik WNA maupun WNI wajib menjalani karantina selama 5 hari untuk pengendalian COVID-19.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Dalam edaran tersebut ada pengecualian bagi WNA yang tiba di Indonesia sesuai Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 8 Tahun 2021, bagi WNA diperbolehkan masuk Indonesia hanya yang memiliki kartu izin tinggal terbatas (KITAS) atau kartu izin tinggal tetap (KITAP) dan izin khusus tertulis dari kementerian/lembaga diplomatik.

Setelah melengkapi seluruh prosedur dan screening COVID-19, puluhan WNA China yang baru tiba ini langsung diarahkan menuju sejumlah hotel yang ditunjuk untuk melaksanakan karantina selama 5 hari.

Seperti diketahui, pada Kamis 6 Mei 2021 ada 26 penerbangan internasional yang take off dan landing di Bandara Soekarno-Hatta. 

Laporan: Rusdy Muslim/tvOne Tangerang 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya