Kombes Sambodo Ungkap Cara Cegah Pekerja Kena Penyekatan Mudik

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan langkah antisipasi guna mencegah tumpukan karyawan atau buruh tertahan penyekatan mudik di Tol Jakarta-Cikampek seperti Kamis 6 Mei 2021 pagi. Sejumlah personel disiagakan di KM 31 tol tersebut guna memantau bus yang ditumpangi karyawan atau buruh pabrik. Petugas tetap akan memberlakukan buka-tutup.

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

"Antisipasi ke depannya karena bus-bus karyawan ini pagi akan lewat sini kita akan melaksanakan buka-tutup dengan menempatkan anggota di sini, jadi kalau bus karyawan tetap kita perbolehkan nanti kita akan atur di putarannya supaya nanti ketika crossing (persimpangan) kita bisa atur putaran ini," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis 6 Mei 2021.

Dia menjelaskan, skenario serupa pun akan diterapkan pada sore hari atau jam pulang kantor. Sambodo berharap bus yang mengangkut karyawan atau buruh tak lagi terhambat menuju ke arah Cikampek. Dirinya pun berharap skenario ini bisa membuat proses seleksi kendaraan pemudik jauh lebih baik.

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar

"Jadi yang nanti kita tutup di sini nanti kita buka sehingga bus-bus tersebut akan bisa menuju ke arah Cikampek. Mudah-mudahan dengan sistem ini besok pelaksanaan akan lebih smooth dan tidak ada lagi kejadian kejadian seperti tadi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, aparat kepolisian sudah mulai penyekatan dalam Operasi Ketupat 2021 untuk mencegah masyarakat yang ingin mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 pada Kamis dini hari, 6 Mei 2021 sekira pukul 24.00 WIB. Ternyata, kebijakan tersebut berdampak kepada pekerja.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Karena, viral video beberapa bus terhenti mengular didalam jalan tol. Padahal, mereka merupakan para karyawan yang hendak bekerja. Suara protes pun terdengar, mereka berteriak supaya penyekatan dibuka lantaran mau bekerja.

“Buka-buka, kita pekerja,” teriak para pekerja dilihat dari video yang beredar pada Kamis, 6 Mei 2021.

Baca juga: Penyekatan Mudik di Cikampek Bikin Macet, Ini Kata Irjen Istiono

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya