KPK Cabut Logo di Antara Foto Presiden-Wapres

KPK cabut logo di antara foto presiden-wapres.
Sumber :
  • VIVA/ Edwin Firdaus.

VIVA - Komisi Pemberantasan Korupsi kembali mengubah nuansa dalam ruangan konferensi pers. Jika ruangan itu sempat dipasangi foto Presiden dan Wakil Presiden serta bendera merah putih sejajar logo KPK ketika jumpa pers terkait ASN, kini hal itu sudah tak terlihat lagi.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Sebelumnya sempat ramai diperbincangkan terkait posisi lambang burung garuda dalam logo KPK yang berada sejajar dengan foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin di ruangan konferensi pers KPK.

Sekarang logo KPK itu dicopot, sedangkan di posisi tengah atas, antara foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin, kini hanya terpasang lambang negara berupa burung garuda.

Yusril soal Gugatan Ganjar-Mahfud: Dalam Sejarah, Tak Ada Aturan Pilpres Diulang

Pencopotan logo KPK dari latar ruangan konferensi pers itu dilakukan pasca menuai kritik publik. Sebab tak lazim KPK selaku lembaga penegak hukum memasangkan foto Presiden dan Wakil Presiden mengapit logo KPK.

Baca juga: Ada Foto Presiden dan Wapres di Konpres KPK, Posisinya Benar?

MK Siapkan Kursi untuk Anies, Prabowo dan Ganjar di Sidang Sengketa Pilpres

Mantan Jubir KPK, Febri Diansyah, sebelumnya sempat mengomentari kontrasnya ruang konferensi pers yang terpasang foto Presiden dan Wakil Presiden. Febri mempertanyakan maksud tujuan KPK yang tiba-tiba memasang foto Presiden dan Wakil Presiden itu.

“Sebenarnya bagaimana aturan pemasangan simbol-simbol negara? Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 pada Pasal 55 mengatur penempatan foto Presiden dan Wapres sejajar, tapi lebih rendah dari lambang negara,” cuit Febri pada akun twitternya, Kamis 6 Mei 2021.

Selama bertugas di KPK, Febri mengetahui jelas tidak ada terpasang foto Presiden dan Wapres di ruang konferensi pers. Dia menyebut, hanya ada logo bertuliskan KPK yang dibubuhkan lambang garuda dalam ruangan konferensi pers selama ini.

Hanya saja beberapa hari belakangan KPK tengah lakukan tes alih status pegawai menjadi ASN. Nah, foto Presiden dan Wakil Presiden tersebut baru terlihat dipasangi saat konferensi pers terkait ASN Rabu kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya