Hari Pertama Larangan Mudik, Polri Tindak 75 Travel Gelap

Petugas gabungan razia travel gelap di Semarang, Jateng, Kamis, 29 April 2021.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Sebanyak 23.573 kendaraan disuruh putar balik oleh kepolisian setelah terjaring dalam Operasi Ketupat 2021 pada hari pertama penyekatan larangan mudik Lebaran, Kamis, 6 Mei 2021. 

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, kendaraan yang disuruh putar balik mulai dari roda dua, roda empat pribadi dan mobil berpenumpang. Mereka diminta putar balik di posko-posko penyekatan yang ada di jalan tol dan jalur arteri.

"Lokasi penyekatan pada ruas jalan tol dan jalan non-tol atau arteri. Totalnya ada 23.573 unit kendaraan diputarbalik,” kata Argo pada Jumat, 7 Mei 2021.

Selain itu, Argo juga telah melakukan penindakan terhadap sejumlah kendaraan yang diduga agen travel gelap pengangkut pemudik. Padahal, pemerintah sudah melarang masyarakat mudik tahun ini.

"Penindakan pelanggaran kendaraan bermotor travel gelap 75 unit," ujarnya.

Menurut dia, Polri mengaktifkan 381 posko penyekatan sebagai tindak lanjut dari pelarangan mudik Lebaran 2021 yang tersebar dari wilayah Sumatera Selatan hingga Bali.

Adapun rincian titik yang disiapkan di masing-masing provinsi antara lain, Polda Sumatera Selatan (10 titik), Polda Lampung (9 titik), Polda Banten (16 titik), Polda Metro Jaya (14 titik).

Kemudian Polda Jawa Barat (158 titik), Polda Jawa Tengah (85 titik), Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (10 titik), Polda Jawa Timur (74 titik), dan Polda Bali (5 titik).

Di samping melakukan penindakan, kata Argo, petugas di lapangan juga melakukan swab antigen kepada 1.645 orang dan membagikan masker sebanyak 9.385 pada hari pertama pelaksanaan larangan mudik.

Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Penyelidikan kasus kebakaran maut yang terjadi di Toko Bingkai Mampang Jakarta Selatan, ikut melibatkan pihak Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri yang juga mela

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024