Pemotor Nyaris Tabrak Petugas saat Penyekatan Pemudik di Garut

Pemudik.
Sumber :
  • Diki Hidayat/ VIVA.

VIVA – Petugas chek poin di jalur nasional Limbangan, Kabupaten Garut Jawa Barat, Sabtu 8 Mei 2021 nyaris tertabrak oleh pemudik yang nekad menerobos pemeriksaan petugas. Beruntung petugas selamat dan berhasil menghindar serta terpaksa membiarkan pemotor lolos dari pemeriksaan.

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Kapolres Garut, AKBP Adi Benny Cahyono mengatakan bahwa pos chek poin Limbangan merupakan pos penyekatan untuk kendaraan yang datang dari arah Nagreg Bandung menuju Jawa Tengah, melalui jalur Tasikmalaya. Pemotor yang diduga merupakan pemudik lokal tancap gas saat diminta untuk mengurangi kecepatan.

Baca juga: Anggota DPR Dorong Pembentukan Satgas Investasi yang Diketuai Bahlil

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

"Volume kendaraan Sabtu malam kemarin memang cukup tinggi, pemotor itu langsung tancap gas tak menghiraukan keselamatan dirinya maupun petugas," ujarnya, Minggu 9 Mei 2021.

Pemeriksaan kendaraan yang dilakukan petugas hingga Sabtu tengah malam kemarin mencapai kurang lebih 3.300 kendaraan dan diantaranya 772 kendaraan pemudik berhasil dikembalikan. Selain bertujuan untuk mudik, mereka (pemudik) juga tak melengkapi surat keterangan hasil pemeriksaan antigen.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

"Sepanjang hari Sabtu kemarin di Jalur Limbangan lebih dari 50 kendaraan pemudik yang diputar balik, " ujarnya.

Sementara itu, Kanit Padal Pos Chek Poin Limbangan Garut, Ipda Prio Sumbodo, mengatakan bahwa masih banyak pemudik yang mengindahkan protokol kesehatan. Selain tak membawa surat keterangan hasil pemeriksaan antigen, juga banyak yang tak mengenakan masker. 

"Memang kesadaran untuk mematuhi prokotokol kesehatan COVID-19 masih kurang, dan kami memberikan masker maupun hand sanitizer bagi pemudik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya