Ridwan Kamil Teratas, Airin-Desy Ratnasari Kejutan di Pilkada Jabar

Desy Ratnasari saat Pelantikan Anggota DPR Periode 2019-2024.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Mantan Wali Kota Tangerang dua periode, Airin Rachmi Diany, dan anggota DPR RI asal Sukabumi Desy Ratnasari, menjadi kandidat yang punya potensi kuat untuk menang jika ikut Pilkada Jawa Barat pada 2024.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Kedua perempuan tersebut, dianggap berpotensi menjadi lawan kuat Gubernur Jawa Barat saat ini Ridwan Kamil, jika maju lagi di Pilgub 2024.

Dua nama ini muncul berdasarkan hasil survei Indonesian Politics Research & Consulting. Selain dua nama itu, anggota DPR Dedi Mulyadi dan Rieke Diah Pitaloka muncul dalam survei tersebut.

Survei Kandidat Potensial Pilkada Solo Mengerucut pada Tiga Nama, Kaesang Nomor 3

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan Ini

Direktur Riset Indonesian Politics Research & Consulting, Leo Agustino menjelaskan, dua nama itu kuat berdasarkan hasil survei di sembilan daerah yang mereka lakukan. Yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Cirebon. 

LSI: Gugatan di MK Bertentangan dengan Logika Publik yang Menerima Hasil Pilpres

"Mereka berusia 17 tahun ke atas atau telah menikah saat survei dilakukan. Meski Airin bukan berasal dari Jawa Barat, tapi dia memiliki basis di Jawa Barat. Sementara Desy memiliki basis kuat di Jabar selatan, Sukabumi, Cianjur, juga Bogor," ujar Leo dalam keterangan persnya, Senin 10 Mei 2021.

Dia menjelaskan, 400 orang diwawancara dengan metode multistage random sampling. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 396 responden atau 99 persen. Sebanyak 396 responden ini yang dianalisis. Margin of error rata-rata sebesar 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Responden yang diwawancara mewakili karakteristik demografis, yaitu masyarakat perkotaan (urban), transisi dan perdesaan. 

"Responden terpilih diwawancarai dengan memerhatikan protokol kesehatan menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih,” katanya.

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Padjajaran, Muradi menambahkan, Airin dan Desi sangat berpeluang besar dalam memenangkan Pilgub Jabar. 

“Kalau Emil maju kembali dalam Pilgub Jabar, akan susah untuk Airin dan Desy, termasuk calon-calon lainnya. Namun, kalau RK tidak maju, peluang untuk terpilih sangat besar,” tegasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya