Kebakaran di SPBU Manggarai NTT, 2 Motor Hangus

Kebakaran di SPBU di Manggarai.
Sumber :
  • Jo Kenaru/ Manggarai-NTT.

VIVA – Kebakaran terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Manggarai Nusa Tenggara Timur, Senin 10 Mei 2021.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pom bensin yang terbakar berada di pinggir jalan raya Trans Flores tepatnya di Kelurahan Bangka Tuke Kecamatan Langke Rembong atau 2 km arah kota Ruteng.

Selain menghanguskan mesin pengisian BBM, kebakaran itu membakar dua unit sepeda motor milik pengantre BBM.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Pengawas SPBU, Piter Alcantar kepada VIVA menuturkan, kebakaran terjadi pada pukul 11.00 WITA. Menurut Piter, peristiwa kebakaran di SPBU yang beroperasi sejak tahun 2014 ini terjadi saat petugas sedang mengisi pertalite untuk sepeda motor.

Baca juga: Peluang Anin Besar Jadi Ketum Kadin, Ini Harapan Pengusaha Kopi RI

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Sejak dari pagi betugas, Piter tidak menerima laporan adanya gangguan pelayanan dari petugas. Ia memastikan, pompa dan selang pengisi masih bekerja dengan baik.

"Waktu kejadian saya berada di ruang kerja. Saya mendengar teriakan dan begitu say cek ternyata ada kebakaran di mesin pompa pertama dan api sudah membesar," tutur Piter.

Senada dengan Piter, Nadus Bedu, pemilik motor yang mengantre cukup dekat dengan sumber api mengaku melihat percikan api pada nozzle. Percikan itu muncul saat petugas mengisi BBM ke tangki sepeda motor bebek yang berada di depannya.

"Yang pasti percikan terjadi di ujung nozzle, mungkin karena panik pemilik motor menjatuhkan motornya dan seketika api menjalan di lantai SPBU. Kita semua lari menyelamatkan diri," kata Nesta.

Dalam situasi pertama kali terjadi kobaran api, Nesta tidak melihat ada upaya pemadaman darurat di dalam SPBU. Namun sebaliknya petugas juga ikut berlarian ke luar kintal SPBU.

"Biasanya kan petugas pasti siaga menghadapi situasi darurat seperti kebakaran karena SPBU ada tabung pemadam, tapi saya tidak lihat petugas memadamkan api," ceplosnya.

Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Bandar Udara Frans Sales Lega dan damkar milik Pemda Manggarai.

Polisi olah TKP

Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo yang memimpin olah tempat kejadian perkara (TKP) mengatakan, pihaknya baru mendapat keterangan awal yang mengatakan kebakaran terjadi di mesin pompa pertama.

"Saksi mengatakan percikan terjadi persis ketika melepaskan minyak ke tangki sepeda motor. Apakah ada kerusakan mesin pompa atau motor yang masih menyala saat pengisian kita masih mendalami," kata AKBP Mas Anton.

Dalam olah TKP,sebutnya terdapat dua unit sepeda motor yang hangus dekat mesin pompa bagian kiri yang ludes terbakar. "Tak ada korban ya dan rekaman CCTV sudah kita amankan," ungkapnya.

Kebakaran SPBU ini sempat mengganggu arus lalu lintas. Kendaraan dari arah timur dan barat macet selama dua jam. 

Dengan terbakarnya SPBU Mena membuat pelayanan pengisian BBM di kota Ruteng dipastikan terganggu. Sebab hanya mengandalkan satu SPBU yakni SPBU Mbaumuku. 

Sebelumnya ada tiga SPBU yang beroperasi namun SPBU Carep sudah tidak beroperasi sejak awal 2020.

Laporan Jo Kenaru

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya