Libur Lebaran 2021, Destinasi Wisata di DIY Tetap Buka

Kawasan Malioboro, Yogyakarta, Senin, 6 Juli 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Selama masa libur Lebaran 2021, destinasi wisata di DIY akan tetap dibuka bagi wisatawan. Meskipun demikian akan ada sejumlah syarat bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan jika destinasi wisata yang boleh buka di libur Lebaran tidak boleh berada di zona merah atau oranye penularan COVID-19.

"Seluruh destinasi wisata di DIY buka. Kecuali yang masuk di dalam zona oranye dan merah wajib hukumnya tutup tak menerima tamu. Tidak ada aktivitas pariwisata," kata Singgih di Kantor Pemda DIY, Senin, 10 Mei 2021.

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

Bagi wisatawan asal DIY, kata Singgih, tidak diwajibkan menjalani tes antigen, PCR maupun GeNose ketika berkunjung ke destinasi wisata di DIY. Sementara bagi wisatawan luar DIY, diminta untuk menunjukkan surat sehat.

"Kami berpedoman Ingub (Nomor 12/INSTR/2021 tentang perpanjangan masa PPKM mikro), untuk wisatawan DIY diatur tidak melakukan GeNose. Yang datang dari luar DIY sudah lolos di penyekatan wajib menunjukkan syarat sehat atau Genose," ujar Singgih.

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

Singgih menjabarkan bahwa penerapan protokol kesehatan akan dilakukan sesuai aturan. Singgih menyebut untuk jumlah kunjungan diharuskan 50 persen dari total kapasitas.

Singgih juga mensyaratkan agar wisatawan yang akan datang ke destinasi wisata untuk mendaftarkan secara online. Pendaftaran ini bisa menggunakan aplikasi 'Visiting Jogja'.

Singgih menambahkan di DIY ada 127 destinasi wisata. Dari jumlah ini tak ada destinasi yang berada di area zona merah maupun oranye penularan COVID-19.

"Tidak ada satu pun destinasi wisata yang masuk zona oranye dan merah. Kami juga akan menerjunkan tim monitoring memantau jalannya penerapan kebijakan yang ada," kata Singgih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya