Satgas: Angka Kematian Pasien Positif COVID-19 di Aceh Tinggi

iLUSTRASI Pemeriksaan Covid-19
Sumber :
  • Humas Kemenag

VIVA – Juru bicara satgas COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, kasus kematian pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Aceh tergolong tinggi. Saat ini sudah mencapai 479 orang atau 4,03 persen.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Sementara kasus aktif yang kini dirawat mencapai 1.300 orang. Ia menjelaskan, selama bulan suci Ramadhan, bukan hanya kasus-kasus positif baru yang meningkat setiap hari, namun juga jumlah korban meninggal dunia karena terpapar virus corona.

Angka kematian COVID-19 di Aceh, kata dia tergolong tinggi dibandingkan angka kematian nasional. Angka kematian nasional akibat COVID-19 per 9 Mei 2021 sekitar 2,7 persen.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Faktor risiko kematian COVID-19 di Aceh umumnya memiliki komorbid. Penderita COVID-19 yang meninggal dunia rata-rata memiliki penyakit penyerta, selain paparan virus corona yang ganas itu,” kata Saifullah, Senin, 10 Mei 2021.

Menurutnya untuk menekan angka kematian perlu langkah yang sinergis semua elemen di daerah. Pemerintah daerah bertanggung jawab menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai, dan bermutu, dan masyarakat bertanggung jawab mencegah datangnya marabahaya yang dapat meningkatkan risiko kematiannya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Tanpa upaya yang sinergis tersebut sulit menekan angka kematian akibat COVID-19. Dunia telah membuktikan sebaik apa pun sarana dan prasarana kesehatan di suatu negara tetap akan bobol apabila kasus-kasus konfirmasi harian terus meningkat dan tak terkendali,” katanya.

Sementara itu, jumlah pasien COVID-19 yang sembuh di Aceh secara akumulatif telah mencapai 10.119 orang dari total kasus yang sudah mencapai 11.898 orang. Angka kesembuhan di Aceh saat ini sekitar 85,05 persen. Sedangkan angka kesembuhan nasional sekitar 91,5 persen per 9 Mei 2021.

“Kita harus bekerja sama dan berusaha keras menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Aceh,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya