Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2021

Suasana sidang Isbat penentuan awal Ramadan di Kementerian Agama/Ilustrasi.
Sumber :
  • Danar Dono/ VIVA.co.id

VIVA - Kementerian Agama akan kembali menggelar sidang isbat untuk penetapan awal bulan Syawal 1442 Hijriyah di Kantor Kementerian Agama pada Selasa, 11 Mei 2021, atau hari ke-29 Ramadhan 1442 Hijriyah.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

“Pada 29 Ramadhan bertepatan hari Selasa, 11 Mei 2021, Kementerian Agama akan kembali melaksanakan sidang isbat yang terdiri dari tiga rangkaian acara,” kata Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamaruddin Amin, dikutip dari situs Kementerian Agama pada Selasa, 11 Mei 2021.

Pertama, Kamaruddin mengatakan rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal yang disampaikan oleh Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

“Diikuti secara luas melalui live streaming Kementerian Agama dan mengundang anggota DPR, ormas-ormas Islam, MUI, duta besar dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19,” ujarnya.

Baca juga: Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 13 Mei 2021

DPRD Provinsi Jambi Gelar Acara Halal Bihalal, Edi Purwanto: Semoga Kembali Fitri

Kedua, Kamaruddin mengatakan setelah paparan dilakukan dan mendapatkan informasi tentang posisi hilal. Maka, kegiatan dilanjutkan dengan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.

“Insya Allah, sidang isbat setelah Salat Magrib dipimpin oleh Menteri Agama bersama ormas lain, MUI, Komisi VIII DPR yang dilaksanakan secara tertutup dan terbuka,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut dia, diambil keputusan terkait awal bulan Syawal 1442 Hijriyah. Setelah ada keputusan, Menteri Agama akan menyampaikan kepada publik usai Salat Isya.

“Kita berdoa semoga semua berjalan lancar. Insya Allah kita melaksanakan Idul Fitri 1442 Hijriyah setelah mendapatkan informasi dan keputusan dari pemerintah,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya